Metode unlock dengan SAM telah berhasil dirilis kemarin oleh Loktar_Sun (dan Sam Bingner dengan SAM nya), yang dianggap sebagai sebuah keberhasilan besar karena unlock dengan metode ini mendukung untuk semua tipe baseband, mulai dari iPhone 3GS sampai dengan iPhone 4S. Namun, walaupun trik unlock ini cukup mudah dilakukan tetapi memiliki satu keterbatasan, unlock ini hanya berlaku untuk satu simcard saja. Jika Anda ingin mengganti simcard pada iPhone Anda (yang locked) maka proses unlock harus diulang dari awal lagi.

Setiap kali proses unlock ini berhasil, maka sebuah direktori pada file system iOS bernama Lockdown (/var/Root/ibrary/Lockdown) akan tercipta. Direktori Lockdown ini akan menampung semua file-file yang berhubungan dengan aktivasi simcard (disebut dengan ticket). Direktori ini (dan isi-isinya) sangat penting untuk dibackup.

Direktori Lockdown ini hanya akan menampung satu ticket per aktivasi. Jika Anda punya 3 buah simcard maka Anda harus melakukan proses unlock lagi setiap kali simcard pada iPhone Anda diganti. Dan setiap kali proses aktivasi/unlock berhasil, maka ticket nya akan tersimpan pada direktori Lockdown ini. Inilah sebabnya mengapa direktori ini sangat penting untuk dibackup, karena Anda akan membutuhkannya suatu saat nanti.

iPhone Dev-Team telah merilis Redsn0w terbaru yang memiliki fitur untuk membackup direktori Lockdown ini sehingga pengguna iPhone bahkan yang masih awam pun bisa membackup ticketnya. Langkah-langkah membackup unlock ticket iPhone bisa dilihat di bawah.

Cara membackup unlock ticket iPhone dengan Redsn0w

  1. Download Redsn0w terbaru.
  2. Setelah terdownload, ekstrak lalu jalankan Redsn0w nya.
  3. Hubungkan iPhone Anda ke komputer.
  4. Pada halaman depan Redsn0w, pilh Extras.
  5. Kemudian pilih Even more.
  6. Redsn0w

  7. Selanjutnya pilih Backup.
  8. Redsn0w

  9. Tentukan path (tujuan) backupnya, yaitu di /var/root/Library/Lockdown.
  10. Redsn0w
    Jika terjadi kegagalan pada saat akan membackup seperti pada gambar di bawah ini, buka Cydia pada iPhone dan install paket afc2add (manfaatkan fitur search di Cydia).
    Redsn0w

  11. Setelah tidak ada masalah dengan paket afc2add, proses backup akan berjalan sesuai dengan gambar di bawah ini.
  12. Redsn0w
    Redsn0w

  13. Terakhir, cek direktori Redsn0w di komputer Anda. Sebuah file backup dari Lockdown akan tersimpan di situ dalam bentuk .zip. Simpan baik-baik file ini karena sangat berguna bagi iPhone Anda. Sebaiknya terapkan proses ini setiap kali Anda melakukan aktivasi/unlock pada simcard Anda yang lainnya.

Sumber:
[iClarified]