Google Docs

Don’t.be.evil.

Setiap kali saya mencari bahan/materi kuliah di internet, format yang paling diburu adalah PDF. PDF karena format tersebut bisa langsung ditampilkan (preview) pada web browser utama saya, yaitu Google Chrome. Kalaupun ada bahan atau materi kuliah yang formatnya DOC atau PPT saya tidak perlu repot-repot mendownloadnya ke komputer dan dibuka melalui LibreOffice (secara default LibreOffice sudah bisa membuka file format DOC dan PPT) karena Google akan langsung mengarahkannya ke Google Docs dan langsung ada preview serta menu “Download as .pdf” nya. Selain itu, format tulisan pada dokumen PDF tidak akan berubah-ubah, apapun OS atau viewer-nya.

Lalu, masalah mulai muncul ketika format file yang saya buka bukan format native nya Microsoft.

Google Docs

Google Docs

Aduh, ternyata Google Docs tidak bisa:

  • Menampilkan preview dokumen berformat OPD
  • Membuat presentasi dan mendownloadnya dalam format OPD

Bagaimana bisa Google yang katanya juaranya open source justru tidak mendukung format terbuka (ODF) seperti ODP? Google parahnya malah lebih mengutamakan format yang tidak standar seperti PPT/PPTX, misalnya saja pada Chrome OS yang baru saja mendapat fitur baru.

Format terbuka (ODF) seharusnya dijadikan standar untuk pembuatan dan pengeditan dokumen, dan format tertutup sebaiknya dijadikan sebagai fitur tambahan (opsional) saja. Ayolah Google, don’t be evil.