Mengatasi masalah SIM card yang tidak didukung saat unlock dengan SAM

SIM card not support

Apakah Anda mengalami masalah pada saat ingin mengaktivasi iPhone Anda via iTunes setelah diunlock dengan SAM? Pastinya Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami ini karena beberapa orang sudah melaporkannya, salah satunya adalah pengunjung Appbuntu yang melaporkan menemukan pesan error di iTunes yang berbunyi “SIM card inserted in this iPhone does not appear to be supported”.

Salah satu syarat yang perlu dipenuhi sebelum mengunlock iPhone Anda dengan SAM adalah mengetahui kalau iPhone Anda itu terlock pada operator apa.

Tapi kalau sudah terlanjur mengalami masalah seperti ini, yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Cek Model number iPhone Anda. Caranya adalah masuk ke Settings > General > About dan catat Model nya. Setelah mengetahui model numbernya, lakukan pencarian di Google dan cari tahu model tersebut terlock pada operator apa, misalnya AT&T (Amerika Serikat).
  2. Dari iPhone Anda, masuk ke Settings > SAM > Utilities dan pilih Revert Lockdown to Stock, setelah itu akan muncul pesan Stockification Success. Kalau yang muncul adalah Stockification Failure, itu artinya versi SAM yang Anda install salah.
  3. Kemudian pada menu utama SAM masuk ke Method lalu pilih By Bundle Name. Kembali ke menu utama dan masuk ke menu Bundle lalu pilih operator original iPhone Anda.
  4. Masuk ke SIM ID dan pilih SIM ID. Kalau pilihannya ada banyak, pilih saja yang paling atas/urutan pertama.
  5. Selanjutnya masuk ke More Information, Anda akan melihat ActivationState berstatus Unactivated. Untuk mengaktifkannya Anda tinggal mengaktivasinya melalui iTunes.
  6. Jika tidak ada gangguan lagi, Anda akan melihat ActivationState berubah statusnya menjadi WildcardActivated.

Bagimana? Apakah Anda sudah sukses mengunlock iPhone Anda? Silakan bertanya kalau masih ada yang kurang jelas ūüôā

35 Replies to “Mengatasi masalah SIM card yang tidak didukung saat unlock dengan SAM”

  1. sya sudah jumpa carieer iphone 4 untuk sy.. then when i enable to sam.. and connect to itunes.. dia masih lagi minta sim activate… jadi… apa patuk sy buat.. ?? atau saya kena cari sim original tuk sy punya i4

    1. Buka Cydia lalu update ke versi terbaru SAM. Lalu ikuti tutorial terbaru untuk SAM (update 2) di sini: https://appbuntu.com/2012/04/unlock-iphone-dengan-sam/

  2. versi SAM sy 0.1.16-1 , sy search google katanya ke lock us att..
    United States – AT&TMC610LL/A – 32GB Black
    sekarang sy mau pakai kartu 3, tp klo search by country Indonesia n carrier gda pilihan utk 3, klo pindah ke Macau, disana ada pilihan Hutchison..

    tolong bantuannya ya,sy bener2 butuh =) thx

  3. udh dicoba tp di itunes nya keluar gini “we’re sorry, we are unable to continue with your activation at this time” gmn dnk?

  4. gan ane update sendiri iphone ane pke itunes,,setelah download apple software update yang lama baru tuh bisa d update,,udh nunggu lama2 eh muncul dah gambar diatas,,trus coba masuk ke web apple dan katanya di indonesia cuma bisa pke simpati,,indosat atau Xl,,pas d coba pke simpati ttep aja g bisa,,mohon solusinya bagi yg tau,,semoga kebaikannya d balas sang pencipta :)…

      1. beli seconbekas gan…
        trus hrus ngapain sklarang,,ke counter apple gtu…???
        nyerah dah ane ngopreknya…

  5. om kalo untuk unlock gimana? ini iphone nya menunya enggak keluar terus waktu di konekin ke itunes nya ada peringatan katanya di pasangin password gitu, solusinya gimana om?

  6. gan ane mau nanya.. ane instal SAm di cydia terus ane juga instal pushint tapi malah iphone saya gak bisa di buka,yang muncul di iphone saya kayak gini gan (this iphone is not currently setup to work with carrier you’re attemping to use.please insert another SIM card form a supported carrier or request that this iphone be unlocked.
    mohon pencerahannya gan !!!
    saya punya iphone 3gs ios 5.1.1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *