Pendiri Canonical, Mark Shuttleworth telah mengumumkan bahwa codename untuk Ubuntu 12.10 adalah Quantal Quetzal.

Quetzal

Quetzal

And so the stage is set for a decision: I give you the Quantal Quetzal, soon to be dressed in tessellated technicolour, now open for toolchains, kernels and other pressing preparatory packages.

Mark Shuttleworth.

Quetzal (bukan Quetzalcoatlus) adalah:

Burung berbulu indah bernama Quetzal (persis seperti nama mata uang Guatemala) ini, dianggap suci yang sangat berharga oleh suku Maya dan Guatemala. Burung yang banyak hidup di daerah hutan hujan tropis ini dipercaya punya hubungan langsung dengan para Dewa, seperti yang terlihat dalam relief-relief di kuil atau candi suci suku Maya, macam Candi Kukulkan. Bahkan, setiap sub dari suku Maya punya sebutan yang berbeda untuk Burung ini. Tapi, setiap nama punya arti yang sama, yaitu melambangkan sifat yang selalu bisa bersatu dengan alam (nature).

Sesuai dengan karakteristik dari Quetzal, Ubuntu 12.10 akan lebih cerah dan berwarna, dengan font, ikon serta tema yang baru dan lain daripada versi sebelumnya. Pada versi ini warna coklat yang sudah dominan pada Ubuntu sejak dulu akan diganti dengan yang lebih “colourful”.

No, the quintessential stories of Q will be all about style on the client, with a refresh of our theme and typography, a start on new iconography and perhaps even a new form factor taking flight. So brown is out and something colourful and light is called for.

Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal ini rencananya akan memasuki tahap aplha pada 7 Juni dan akan dirilis resmi (final) pada tanggal 18 Oktober 2012 nanti.