Update:
Trik unlock dengan SAM ini sudah tidak bekerja lagi karena telah diblock oleh Apple. Baca beritanya di sini.

Berita baik buat Anda pemilik iPhone yang locked karena software unlock untuk iPhone Anda sudah tersedia saat ini. Unlock iPhone ini dirilis oleh seorang hacker bernama Loktar_Sun dari forum WeiPhone yang memanfaatkan Subscriber Artificial Module (SAM).

Teknik unlock ini sendiri sudah dicoba langsung dan telah dikonfirmasi berhasil oleh MuscleNerd pada iPhone 4S miliknya:

Dan bisa dipastikan juga kalau bekerja di iPhone 4

Syarat-syarat:

  1. iPhone
    • iPhone 3GS
    • iPhone 4
    • iPhone 4S

    Yang sudah dijailbreak.

  2. Komputer yang sudah terinstall dengan iTunes versi terbaru (Downloads)
  3. Komputer yang sudah terhubung ke internet.
  4. Anda harus mengetahui iPhone Anda terlock ke operator apa.
  5. Anda harus menentukan simcard apa yang ingin Anda pakai untuk iPhone locked Anda ini. Sebaiknya siapkan satu simcard utama Anda.

Langkah-langkah:

  1. Install paket SAM (Subscriber Artificial Module) dari Cydia. Anda bisa menginstall SAM dengan menambahkan repo ke Cydia dengan alamat http://repo.bingner.com/.
  2. Setelah SAM terinstall, masuk ke Settings > SAM. Pastikan kalau simcard Indonesia Anda sudah terpasang di iPhone.
  3. Masuk ke Utilities dan pilih “Revert Lockdownd to Stock” lalu “De-Activate iPhone”. Setelah itu ActivationState pada Phone Details (More Information) akan menjadi “Unactivated”.
  4. SAM

  5. Kembali ke menu utama SAM dan pastikan kalau SAM sudah aktif (Enabled). Buka “Method”, dan pilih “By Country and Carrier”, kemudian ke menu utama dan pilih Country, Carrier dan SIM ID yang sesuai dengan simcard yang akan Anda gunakan.
  6. Kembali ke menu utama SAM, buka “More Information” dan copy atau catat nomor IMSI yang tertera pada “SAM Details”. Selanjutnya tap “Spoof Real SIM to SAM”.
  7. SAM

  8. Kembali ke menu utama SAM, buka “Method” dan ubah menjadi manual. Kemudian paste atau ketikkan nomor IMSI yang telah Anda catat pada langkah sebelumnya.
  9. Hubungkan iPhone Anda ke iTunes dan biarkan iTunes melakukan aktivasi. Setelah informasi iPhone Anda sudah muncul pada iTunes, dobel-klik pada tulisan “Phone Number” untuk menampilkan ICCID. Pastikan kalau ICCID yang tertera di iTunes sama dengan ICCID yang tampil pada More Information, contohnya di bawah ini:
  10. SAM

    Kalau tidak sama/cocok, ulangi lagi langkah-langkah di atas dari awal.

  11. Cabut iPhone dari komputer dan tutup iTunes.
  12. Selanjutnya disable/nonaktifkan SAM. Menurut sumber, Anda bisa saja menghapus SAM dari Cydia tetapi kalau Anda tidak menghapusnya tidak apa-apa.
  13. Hubungkan kembali iPhone ke iTunes, akan muncul pesan error bahwa iPhone Anda tidak bisa diaktivasi, ini normal. Cukup tutup iTunes dan buka kembali.
  14. Kalau sukses maka bar sinyalnya akan muncul. Selamat ya :D

Catatan:
Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, push notification atau iMessage pada iPhone Anda mungkin akan bermasalah. Jangan khawatir, untuk mengatasi masalah ini tap “clear push” pada bagian Utilities lalu hubungkan kembali ke iTunes. Kalau belum berhasil, masuk ke Settings > General > Reset dan tap Reset Network Settings.

iPhone Anda hanya bisa digunakan dengan simcard yang digunakan pada saat melakukan proses unlock di atas, jadi Anda tidak bisa dengan bebas mengganti-ganti simcard. Kalau ingin menggunakan simcard lain, ulangi proses unlock di atas.

Update:
Agar trik unlock ini bisa bekerja dengan beberapa simcard, Anda perlu mengulang proses unlock untuk tiap-tiap simcard yang Anda miliki. Dan disarankan pula untuk membackup ticket aktivasinya sebelum Apple menutup bug pada server aktivasi ini. Untuk mengetahui cara membackupnya menggunakan Redsn0w bisa dilihat pada halaman ini.

  • Jalankan langkah di atas dari awal sampai akhir untuk tiap-tiap simcard yang Anda miliki. Pastikan untuk setiap simcard yang ingin Anda unlock prosesnya telah berhasil/sukses.
  • Dengan menggunakan SSH atau iFile, telusuri direktori /var/Root/ibrary/Lockdown pada iPhone Anda dan save semua file yang ada di dalam direktori tersebut untuk tiap-tiap simcard.

Ticket aktivasi ini berguna kalau suatu saat Apple telah menutup bug pada server aktivasinya dan memblok proses unlock ini.

Update 2:
Sam Bingner telah merilis update untuk SAM yang lebih mempermudah proses unlock.

Langkah-langkah (versi update):

  1. Install SAM, pastikan yang Anda install dari repo yang benar dan versi yang terbaru.
  2. Setelah SAM terinstall, masukkan simcard milik Anda dan jalankan SAMPrefs dari homescreen iPhone Anda.
  3. Dari menu utama SAM, ubah Method menjadi Auto Detect. Kalau metode Auto Detect tidak berhasil, ubah kembali menjadi By Country and Carrier dan pilih operator original dari iPhone Anda secara manual.
  4. Kemudian masuk ke Utilities, tap pada pilihan Attempt Activation dilanjutkan dengan men-tap De-Activate iPhone.
  5. Akan muncul popup bertuliskan “this may take a while”, tunggu saja sampai proses ini selesai.
  6. Kemudian iPhone Anda akan respring sendiri dan jaringan serta operator akan terdeteksi.
  7. Good luck. Jangan lupa untuk menyimpan unlock ticket sebelum terlambat.

Update 3:
Kalau Anda gagal mengunlock iPhone dengan menggunakan SAM, kemungkinan besar ini terjadi karena Apple mulai memblok iPhone yang diaktivasi dengan SAM. Baca informasi selengkapnya di sini.