Disqus 2012

Beberapa hari yang lalu saya menerima undangan dari Disqus untuk mencoba “Disqus 2012”, yaitu nickname dari versi terbaru Disqus, layanan sistem komentar yang digunakan di blog ini sejak berdiri.

Disqus 2012 saat ini masih tahap beta, dan hanya website/blog yang aktif saja yang diundang untuk mencobanya. Syukurlah, dengan rata-rata 10 komentar perhari Appbuntu bisa langsung diterima untuk mencoba Disqus 2012.

Salah satu fitur yang saya tunggu-tunggu di Disqus dan sudah tersedia di Disqus 2012 adalah komentar yang terupdate secara realtime. Artinya, komentar yang masuk akan langsung muncul tanpa harus melakukan refresh halaman. Fitur lain yang cukup penting adalah kita bisa membagikan (share) setiap komentar yang ada di blog ini, baik itu ke Twitter ataupun Facebook. Sehingga setiap jawaban atau pertanyaan bisa dibagikan ke orang lain, tanpa harus membagi postingan secara utuh.

Disqus 2012 ini tidak permanen, artinya setiap pemilik blog tetap bisa mengembalikannya ke versi lama. Jadi, jika Anda punya masalah dengan sistem komentar di blog ini silakan hubungi saya langsung, mungkin saya akan mempertimbangkan untuk mengembalikan Disqus ke versi lama.

Thanks.

3 Replies to “Disqus 2012”

  1. Sempet bingung juga saat pertama coba isi comment, lebih karena udah biasa dengan cara seblumnya. Tapi menurut saya Disqus 2012 akan menghasilkan comment yg lebih berkualitas, karena terintegrasi dengan social network dengan user yang lebih kredibel. Semoga berjalan stabil dan tidak menurunkan rating daily comment di Appbuntu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *