iDevice yang dirilis sebelum iPad 2 akan selalu bisa didowngrade (dengan syarat punya SHSH) ke versi iOS sebelumnya. Sayangnya, untuk iDevice yang lebih terbaru seperti iPhone 4S dan iPad 3 tidak bisa didowngrade dengan mudah seperti yang lainnya.

Namun dengan dirilisnya Redsn0w versi 0.9.11b1 oleh DevTeam, iDevice terbaru seperti iPhone 4S, iPad 2 dan iPad 3 telah mampu didowngrade. Pada versi ini pula Redsn0w mampu untuk merestore iDevice secara langsung, tanpa iTunes.

Beberapa hal penting dari rilisnya Redsn0w terbaru:

  • Anda tidak akan bisa melakukan downgrade tanpa SHSH yang cocok untuk device Anda. SHSH ini diperoleh hanya jika Anda telah merequestnya dari server Apple pada saat proses singing (penandatanganan digital) iOS masih terbuka.
  • Metode downgrade untuk device A5 ini sebenarnya akan mengupdate firmware (iOS) iDevice Anda terlebih dahulu sebelum mendowngradenya. Pada saat proses update, versi baseband akan ikut naik. Jadi, jangan menggunakan trik ini (jangan mendowngrade) kalau iPhone Anda perlu diunlock. iPhone yang diunlock dengan SAM tidak akan terpengaruh pada proses update baseband ini (menurut Dev Team sih begitu).
  • Redsn0w versi 0.9.11b1 (atau 0.9.11b2) ini dikhususkan untuk Anda yang ingin mendowngrade iPhone 4S atau iPad 2 Anda saja. Kalau tidak ingin downgrade, tetap gunakan 0.9.10b8b saja.

Kalau Anda sudah siap untuk melakukan downgrade, langsung saja ikuti tutorial di bawah ini.

Catatan:
Downgrade dari iOS 5.1 atau 5.1.1 ke 5.0.1 bukanlah paksaan, tetapi buat yang mau saja. Jika Anda lebih senang bertahan di iOS 5.1.1 silakan saja, mungkin pod2g akan merilis jailbreak untethered iOS 5.1.1 dalam waktu dekat ini.

Syarat-syarat:

  • Download Redsn0w 0.9.11b2 dari halaman Downloads.
  • Download iOS 5.0.1 dan 5.1.1
  • SHSH untuk iOS 5.0.1 yang sesuai dengan device yang akan Anda downgrade.

Langkah-Langkah:

  1. Download Redsn0w, ekstrak file hasil downloadnya lalu jalankan dengan klik-kanan lalu pilih Run as Administrator.
  2. Run as Administrator

  3. Setelah Redsn0w jalan, klik pada menu Extras
  4. Redsn0w

  5. Lalu klik menu Even More.
  6. Redsn0w

  7. Pilih Restore.
  8. Redsn0w

  9. Klik tombol IPSW.
  10. Redsn0w

  11. Kemudian cari file ipsw tujuan downgrade, yaitu iOS 5.0.1.
  12. Redsn0w

  13. Selanjutnya akan muncul pesan “Additional IPSW required” yang berarti Anda membutuhkan ipsw (iOS) tambahan, yaitu versi iOS terbaru (iOS 5.1.1). Klik tombol OK.
  14. Redsn0w

  15. Cari file ipsw terbaru (iOS 5.1.1) yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.
  16. Redsn0w

  17. Akan muncul pesan peringatan bahwa proses downgrade ini akan menyebabkan baseband pada iPhone 4S Anda akan terupdate. Jika iPhone 4S Anda butuh unlock (Ultrasn0w), sebaiknya jangan dilanjutkan. Tapi kalau iPhone 4S Anda unlocked (FU), langsung saja klik tombol Yes.
  18. Redsn0w

  19. Akan muncul pesan bahwa iDevice Anda akan masuk ke mode Recovery. Klik tombol OK.
  20. Redsn0w

  21. Langkah berikutnya adalah Anda harus memilih SHSH blobs dari iDevice Anda.
  22. Pilih salah satu opsi berikut ini:

    Local:

    • Pilih opsi ini jika Anda menggunakan TinyUmbrella atau Redsn0w untuk membackup SHSH dan menyimpannya secara lokal ke komputer Anda.
    • Setelah mengklik tombol Local, Anda akan disuruh mencari file .shsh yang tersimpan di komputer Anda. Cari folder User di komputer Windows Anda dan cari folder bernama .shsh, lalu carilah file .shsh yang cocok dengan device Anda.

    Remote:

    • Pilih opsi ini jika SHSH terbackup ke server Cydia, bukan secara lokal.
    • Jika Anda tidak yakin apakah SHSH device Anda sudah tersimpan ke server Cydia, bukalah Cydia dan cek apakah ada tulisan berwarna hijau di bagian atasnya. Jika “5.0.1” tertera, itu berarti SHSH untuk iOS 5.0.1 telah tersimpan secara aman di server Cydia.

    Redsn0w
    Redsn0w

  23. Redsn0w akan mulai proses “menjahit” ipsw dengan SHSH dari device Anda untuk selanjutnya di downgrade.
  24. Redsn0w
    Redsn0w

  25. Jika proses downgrade berhasil, akan muncul pesan seperti di bawah ini.
  26. Redsn0w

iPhone 4S atau iPad 2 Anda sudah berada di iOS 5.0.1 sekarang, Anda bisa menjailbreaknya dengan tutorial yang tersedia di sini.

Sumber:
[iClarified]