Google telah resmi mengakuisisi Motorola setelah berhasil mendapatkan persetujuan dari regulator Cina.

Latar belakang

Berita tentang Google yang akan mengakuisisi Motorola sudah muncul sejak bulan Agustus 2011 lalu. Namun, walaupun Google sudah punya dana cukup untuk mengakuisisi Motorola tetapi proses akuisisi tidak bisa dilakukan begitu saja. Ini karena proses akuisisi ini harus mendapatkan persetujuan dulu dari beberapa badan regulator, yang dalam kasus ini adalah Komisi Eropa, Departemen Kehakiman Amerika (US) dan Cina. Beberapa hari yang lalu dua dari regulator sudah menyetujui, dan pada akhirnya Cina pun ikut menyetujuinya sehingga pembelian pun bisa terjadi.

Google + Motorola dan Cina

Google dan Motorola sama-sama perusahaan yang berbasis di Amerika, lalu untuk apa meminta persetujuan Cina (dan Eropa)?

Ikut aturan
Jawabannya adalah karena bisnis Google itu bersifat global atau mendunia. Kita ambil contoh Apple, setengah dari bisnisnya berada di luar Amerika, oleh karena itu Apple harus menaati aturan-aturan dari negara tempat mereka berbisnis. Tidak ada persetujuan dari Cina berarti tidak boleh ada kegiatan bisnis di Cina. Kalau Google dan Motorola ingin melakukan perdagangan di Cina maka mereka harus mengikuti aturan yang ditetapkan Cina.

Paten
Seandainya Apple melakukan pelanggaran paten milik Motorola di pasar utamanya (Eropa/Cina/Amerika), dan Google ingin menggugat Apple maka Google harus mendapatkan persetujuan akuisisi atas Motorola terlebih dulu dari regulator Eropa/Cina/Amerika, jika tidak maka pemerintah di negara-negera tersebut tidak akan membantu Google dalam mengurus masalah pelanggaran paten oleh Apple.