Shutdown option

Yang baru saja menginstall Ubuntu 12.04 LTS ataupun yang melakukan upgrade ke Ubuntu 12.04 LTS pasti akan menyadari kalau fitur Hibernate pada Ubuntu versi ini menghilang dari menu shutdown.

Kalau Anda belum sadar, atau karena memang jarang menggunakan fitur ini karena lebih sering langsung main shutdown, fitur ini terletak pada menu shutdown pada applet sebelah kanan.

Mengapa fitur Hibernate dihilangkan pada versi ini? Ini disebabkan karena kebanyakan hardware komputer sekarang tidak berjalan mulus dengan fitur Hibernate pada Ubuntu. Oleh karena itu kadangkala jika diaktifkan maka fitur Hibernate ini justru akan menghilangkan data.

Mengaktifkan fitur Hibernate

Namun jika laptop Anda dirasa sanggup menggunakan fitur Hibernate ini (pengalaman dengan versi Ubuntu sebelum-sebelumnya) Anda bisa saja mengaktifkannya kembali dengan cara yang cukup mudah.

Tapi sebelum itu, cek terlebih dahulu apakah memang laptop Anda mensupport fitur ini, caranya adalah dengan menjalakan fitur ini pada Terminal:

Kalau laptop Anda tiba-tiba Hibernate begitu selesai mengeksekusi perintah ini, maka bisa dipastikan laptop Anda itu mendukung fitur Hibernate. Tapi kalau tidak, sebaiknya jangan dipaksakan untuk mengaktifkan fitur Hibernatenya.

Selanjutnya, jalankan perintah berikut:

dan tambahkan baris berikut ini:

Kemudian Save, dan reboot laptop Anda. Kalau berhasil, maka menu Hibernate akan segera muncul (seperti gambar di atas) dan sudah bisa digunakan kembali.