Install Elementary Desktop di Ubuntu 12.04 LTS

Elementary Desktop (DE) adalah desktop environment baru yang khusus dikembangkan untuk Elementary OS, yaitu sebuah distro turunan Ubuntu dari proyek elementary. Rilis pertama dari Elementary OS bernama “Jupiter” yang berbasis Ubuntu 10.10, dan rilis berikutnya akan bernama “Luna” dan akan berbasis pada Ubuntu 12.04 LTS.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan, tetapi Elementary OS sudah bisa dicoba pada Ubuntu 12.04 (saya sudah mencobanya kemarin) dengan sebuah repo daily.

Install Elementary Desktop di Ubuntu 12.04 LTS

Yang tidak sabar menunggu Elementary OS Luna dirilis secara resmi, atau hanya sekedar ingin coba-coba saja, Anda bisa menginstall desktop dari Elementary OS pada Ubuntu 12.04 LTS Anda dengan repo berikut ini:

sudo add-apt-repository ppa:elementary-os/daily
sudo apt-get update
sudo apt-get install elementary-desktop 

Setelah instalasi, Anda bisa log out kemudian memili sesi “Pantheon” dari pilihan desktop.

Pengenalan Elementary OS

Berbasis pada Ubuntu 12.04 LTS, Elementary OS Luna memberikan pengalaman penggunaan yang berbeda dari desktop lainnya, misalnya Unity.

Desktop

Pantheon
Desktop Environment dari Elementary OS akan bernama Pantheon.

Plank

Plank
Merupakan aplikasi dock, mirip dengan Docky tapi lebih simple dan ringan.

Wingpanel

Wingpanel
Panel yang digunakan bukan lagi Gnome-panel, tetapi Wingpanel. Menu disebelah kiri adalah menu aplikasi, applet yang ditengah adalah jam/kalender, sedangkan yang sebelah kanan adalah applet yang sudah familiar bagi Anda seperti menu power, baterai, username, dll.

Slingshot

Slingshot
Slingshot adalah launcher aplikasi atau pembuka aplikasi untuk Pantheon. Mirip dengan Dash pada Unity. Selain fungsinya untuk menelusuri aplikasi, kita bisa juga menjalankan perintah dari Slingshot, misalnya gksu nautilus untuk membuka nautilus dengan akses root, gksu synaptic untuk membuka Synaptic Package Manager, dan lainnya.

Marlin

Marlin
Marlin adalah file manager untuk Pantheon, alternatif dari Nautilus/Nautilus Elementary. Sekali Anda mencobanya pasti akan langsung suka, selain karena tampilannya yang lebih segar, juga dilengkapi fungsi yang unik misalnya memberi warna pada label folder/file, atau memunculkan preview pada folder/file yang di hover.

Midori

Midori
Midori adalah browser default pada Elementary OS. Tetapi karena ini masih Ubuntu 12.04 LTS dan saya sudah menggunakan Google Chrome sebelumnya, jadi saya agak jarang menggunakan aplikasi ini.

Luna masih belum dirilis secara resmi dan masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu jika Anda menemukan beberapa aplikasi yang crash/bermasalah harap dimaklumi saja.

Referensi:
[Linux Watch]

12 Replies to “Install Elementary Desktop di Ubuntu 12.04 LTS”

  1. Mantap gan :p
    Tapi Marlin masih sering crash.. Mau copy-paste aja kadang-kadang crash.. Nyebelin 🙁
    Atau mungkin agan tahu File Manager alternatif yang mirip Marlin?

    1. Iya, Marlin sudah ditinggalkan developer aslinya dan pengembangannya sekarang ditangani sama dev nya elementary. Marlin sudah berubah nama jadi “Files”. Walaupun saya merasa sudah cukup stabil (saya baru install 2-3 hari yg lalu) tapi memang belum bisa dijadikan sebagai file manager default menggantikan Nautilus. Mungkin kalau sudah stabil, boleh lah Files jadi file manager utama.

    1. Hapus paket-paketnya beserta PPA nya, bisa dari Synaptic Package Manager atau Ubuntu Tweak. Tapi pastikan kalau Anda smentara login ke Unity, bukan ke Pantheon.

    1. Sebenarnya elementary OS Luna itu sendiri dicustom dari Ubuntu 12.04 LTS, jadi dengan menginstall Luna sama saja dengan menginstall Ubuntu 12.04 itu sendiri.

      Nah, tutorial ini buat yang sudah pake Ubuntu 12.04 dan mau pake komponen2 yang ada pada Luna supaya tampilannya jadi kayak Luna.

      1. Saya sendiri udah install Luna, dan suka. Cuma ada masalah di earphone yang kadang2 nggak keluar suara. Jadi klo nggak keluar suara, harus restart sampai bisa. Tapi sekalinya bisa, bakalan bisa terus sampe di shut down. Di google kebanyakan tutorial buat yang dari awal earphonenya nggak keluar suara, bukan “random” kayak saya. Makanya mau coba ubuntu mungkin problemnya hilang. Atau mas Ivan punya solusi untuk masalah saya? 😀

          1. “Solusi yang di bawahnya” Maksudnya yang askubuntu atau echo "options snd-hda-intel model=asus" | sudo tee -a /etc/modprobe.d/alsa-base.conf ?

            Awal2 pake 9.04 headphone saya juga bermasalah (Acer 4736z) dan sudah ikuti instruksi insert2 script juga. Menurut pengalaman, coba ikuti yang askubuntu, biasanya untuk masalah hardware itu gak mesti spesifik mengikuti tips/trik untuk merk tertentu. (dell/acer, dll) karena pada dasarnya hardware itu sudah dikenali sama kernelnya dan tinggal dipatch atau dipanggil secara tepat agar konfigurasi system dan kernelnya pas.

          2. Iya, solusi yang itu.
            Yang askubuntu itu kalo nggak salah ingat sih udah pernah saya buka dan saya ikuti, tapi nggak berhasil. Entah kalo salah. Untuk sementara ini sih saya udah coba restart 6x restart udah nggak ilang2 lagi. Ntar kalo problem lagi saya coba ikuti lagi yang di askubuntu itu. Terima kasih bantuannya. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *