Elementary Desktop (DE) adalah desktop environment baru yang khusus dikembangkan untuk Elementary OS, yaitu sebuah distro turunan Ubuntu dari proyek elementary. Rilis pertama dari Elementary OS bernama “Jupiter” yang berbasis Ubuntu 10.10, dan rilis berikutnya akan bernama “Luna” dan akan berbasis pada Ubuntu 12.04 LTS.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan, tetapi Elementary OS sudah bisa dicoba pada Ubuntu 12.04 (saya sudah mencobanya kemarin) dengan sebuah repo daily.

Install Elementary Desktop di Ubuntu 12.04 LTS

Yang tidak sabar menunggu Elementary OS Luna dirilis secara resmi, atau hanya sekedar ingin coba-coba saja, Anda bisa menginstall desktop dari Elementary OS pada Ubuntu 12.04 LTS Anda dengan repo berikut ini:

Setelah instalasi, Anda bisa log out kemudian memili sesi “Pantheon” dari pilihan desktop.

Pengenalan Elementary OS

Berbasis pada Ubuntu 12.04 LTS, Elementary OS Luna memberikan pengalaman penggunaan yang berbeda dari desktop lainnya, misalnya Unity.

Desktop

Pantheon
Desktop Environment dari Elementary OS akan bernama Pantheon.

Plank

Plank
Merupakan aplikasi dock, mirip dengan Docky tapi lebih simple dan ringan.

Wingpanel

Wingpanel
Panel yang digunakan bukan lagi Gnome-panel, tetapi Wingpanel. Menu disebelah kiri adalah menu aplikasi, applet yang ditengah adalah jam/kalender, sedangkan yang sebelah kanan adalah applet yang sudah familiar bagi Anda seperti menu power, baterai, username, dll.

Slingshot

Slingshot
Slingshot adalah launcher aplikasi atau pembuka aplikasi untuk Pantheon. Mirip dengan Dash pada Unity. Selain fungsinya untuk menelusuri aplikasi, kita bisa juga menjalankan perintah dari Slingshot, misalnya gksu nautilus untuk membuka nautilus dengan akses root, gksu synaptic untuk membuka Synaptic Package Manager, dan lainnya.

Marlin

Marlin
Marlin adalah file manager untuk Pantheon, alternatif dari Nautilus/Nautilus Elementary. Sekali Anda mencobanya pasti akan langsung suka, selain karena tampilannya yang lebih segar, juga dilengkapi fungsi yang unik misalnya memberi warna pada label folder/file, atau memunculkan preview pada folder/file yang di hover.

Midori

Midori
Midori adalah browser default pada Elementary OS. Tetapi karena ini masih Ubuntu 12.04 LTS dan saya sudah menggunakan Google Chrome sebelumnya, jadi saya agak jarang menggunakan aplikasi ini.

Luna masih belum dirilis secara resmi dan masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu jika Anda menemukan beberapa aplikasi yang crash/bermasalah harap dimaklumi saja.

Referensi:
[Linux Watch]