Sparrow

Google mengakuisisi Sparrow, lalu membunuhnya.

Apa itu Sparrow? Sparrow adalah sebuah aplikasi email client yang sangat populer, khususnya bagi pengguna iOS dan Mac OS. Walaupun sejak awal perilisan Sparrow tidak mendukung push notification, tapi tetap saja kehadiran aplikasi ini sangat diharapkan bagi pengguna iOS, alasannya adalah Sparrow sudah lebih dulu hadir untuk Mac OS, dan kepopulerannya sebanding dengan fitur yang ditawarkan.

Sayangnya, aplikasi yang termasuk dalam jajaran aplikasi top iOS ini sebentar lagi akan mati. Alasannya? Google telah mengakuisisi Sparrow.

Berikut ini adalah pernyataan Dom Leca selaku CEO Sparrow:

We’re excited to announce that Sparrow has been acquired by Google!

We care a lot about how people communicate, and we did our best to provide you with the most intuitive and pleasurable mailing experience.
Now we’re joining the Gmail team to accomplish a bigger vision — one that we think we can better achieve with Google.

Pengakuisisian ini tentu bagus buat Google untuk mengembangkan dan lebih mempercantik aplikasi GMail untuk iOS dan Android, dan tim Sparrow layak mendapatkannya, tapi sayangnya banyak user yang kecewa. Alasannya? Sparrow untuk iPad belum dirilis, berita tentang kapan dirilis saja belum ada, lalu kemudian Google mengakuisisi Sparrow dan tidak berniat untuk menambahkan fitur baru. WTF!?

Ini artinya, tidak akan ada Sparrow untuk iPad dan tidak akan ada push notifikasi.

We will continue to make available our existing products, and we will provide support and critical updates to our users. However, as we’ll be busy with new projects at Google, we do not plan to release new features for the Sparrow apps.

Kalau diperhatikan dari pernyataan di atas, kedengarannya seperti Sparrow sudah cuci tangan untuk berurusan dengan Apple dan pindah haluan ke pesaing utamanya, yaitu Google. Walaupun sedikit kecewa, tapi buat Sparrow: Good luck.