Dengan dirilisnya iOS 6 beta 4, Apple tidak lagi mengikutkan aplikasi YouTube kedalam iOS sebagai aplikasi default (youtube.app). Dikutip dari The Verge:

The latest beta version of iOS 6 no longer includes the long-standard YouTube app, and Apple just told us that its license to include YouTube in iOS had expired.

Berdasarkan pernyataan dari Apple:

Our license to include the YouTube app in iOS has ended, customers can use YouTube in the Safari browser and Google is working on a new YouTube app to be on the App Store.

Bahwa perjanjian Apple dan Google untuk memasukkan aplikasi YouTube sebagai aplikasi default untuk iOS telah berakhir. Sebagai gantinya, Google akan merilis aplikasi khusus/tersendiri YouTube yang bisa didownload langsung dari App Store.

Sebenarnya ini bukan sebuah kejutan lagi, bahkan bisa diprediksi. Perjanjian yang sudah berakhir mungkin hanya alasan Apple saja untuk mengurangi ketergantungan dari Google. Pertanyaannya, siapakah yang tidak ingin memperpanjang lisensi YouTube? Apple atau Google?

Yang jelas, setelah YouTube “dipulangkan” ke induknya pastinya YouTube akan lebih diperhatikan, lebih banyak fitur baru, misalnya link yang bisa di klik atau penampilan ads yang lebih menarik.

Selengkapnya di The Next Web.