Menonaktifkan popup “System Program Problem Detected” Ubuntu

Ubuntu Apport

Sejak memakai Ubuntu 12.04 LTS sejak versi beta, seringkali muncul popup notifikasi dengan pesan berbunyi Ubuntu 12.04 has experienced and internal error” atau “System Program Problem Detected”. Popup ini seringkali muncul setelah sebuah program mengalami crash, tapi tidak jarang juga muncul tanpa ada program yang crash, tanpa diketahui penyebabnya.

Ubuntu Apport

Sebenarnya popup ini berguna untuk melaporkan bug (wajar, waktu itu Ubuntu 12.04 yang saya gunakan masih versi beta) ke Launchpad. Tapi sejak melakukan fresh install ternyata popup ini masih seringkali muncul, padahal saya yakin tidak adalagi program yang bermasalah. Nah, karena lumayan mengganggu, apalagi popup ini bisa muncul berulang-ulangkali maka kita bisa saja menonaktifkan fitur report ini.

Untuk menonaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Terminal
  2. Jalankan perintah berikut ini:
  3. gksu gedit /etc/default/apport
  4. Ubah nilai enabled dari 1 menjadi 0.
  5. Gedit

  6. Save file dan tutup Gedit.
  7. Reboot Ubuntu.

Sumber:
[Tech Drive-in]

One Reply to “Menonaktifkan popup “System Program Problem Detected” Ubuntu”

  1. Aku punya masalah ini dan saya bisa memecahkan masalah ini berkat article..but ini saya menemukan blog lain di sini dan menjelaskan bagaimana tepatnya memecahkan popup ini. Sebenarnya saya pikir apa yang telah Anda menjelaskan adalah bagaimana untuk menonaktifkan kesalahan ini reporting..but artikel yang menjelaskan segalanya dengan jelas, terima kasih Anda berdua ..

    I had this problem and i could solve this thanks to this article..but I found another blog here and it explains how to exactly solve this popup. Actually I think what you have explained is how to disable this error reporting..but that article explains everything clearly, thanks both of you..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *