FBI Anti Piracy Warning

FBI, DoJ (Departemen Kehakiman AS), dan beberapa departemen lainnya di AS dilaporkan telah mengambil alih beberapa situs penyedia aplikasi bajakan untuk Android.

Android Police:

One small and two major sites that have a long history of distributing pirated Android apps have been seized in a first of its kind operation conducted by the FBI, DoJ, and a variety of U.S. and foreign governments. These sites are:

  • applanet.net
  • snappzmarket.com
  • appbucket.net

Seperti yang dikutip dari Android Police, FBI dan DoJ telah menutup akses ke beberapa situs penyedia aplikasi bajakan tersebut. Langkah ini diambil karena situs-situs tersebut dilaporkan telah melanggar haki karena telah mendistribusikan aplikasi bajakan. Beberapa agen FBI berhasil membuktikan nya setelah mendownload ribuan salinan aplikasi bajakan dari situs-situs tersebut dan langsung dieksekusi pada tanggal 21 Agustus lalu.

PCWorld:

During the operation, FBI agents downloaded thousands of copies of popular copyrighted mobile device apps from the alternative online markets which are suspected of distributing copies of apps without permission from software developers, the department said.

Kasus ini tentu saja menjadi sedikit pencerahan bagi para developer yang merugi karena aplikasinya dibajak. Yang jelas, langkah yang diambil FBI dan pemerintah AS ini baru permulaan, masih banyak situs-situs penyedia aplikasi bajakan lain yang masih aktif. Dan tidak menutup kemungkinan sasaran FBI selanjutnya adalah situs penyedia apliksi bajakan iOS yang terbesar dan sangat populer, apptrackr.