iPhone 3GS dan Samsung Galaxy S

iPhone 3GS dan Samsung Galaxy S

Tekno KOMPAS:

Langkah Apple mematenkan desain iPhone dan iPad serta menuduh Samsung telah menjiplaknya dipandang Packingham sebagai sesuatu yang tidak beralasan. “Pengadilan ini seperti memperebutkan siapa yang berhak memakai bentuk persegi panjang (untuk produknya).”

Menurut Packingham, Apple menggunakan interpretasi yang terlalu luas atas paten-paten desain iPhone dan iPad. Packingham mengatakan bahwa pandangan soal paten ini harus direvisi untuk mencegah hal yang sama terulang kembali di masa depan.

“Tak masuk akal kalau kita meributkan bentuk persegi panjang itu, yang dikatakan sebagai pelanggaran paten. Karena itulah kami mencoba mempertahankan diri,” ia menegaskan.

Masih ingat sewaktu Samsung Galaxy SIII pertama kali diperkenalkan? Orang-orang mengkritiknya, desainnya jelek. Orang-orang beramsumsi bahwa desainnya jelek karena “didesain” pengacara. Saya bilang bullshit. Desain Galaxy SIII jelek karena Samsung sedang mengalami design crisis. Mereka tidak tahu harus “meminjam” desain darimana lagi setelah Apple menuntutnya kiri-kanan.

Samsung berdalih, “Siapa pun berhak memakai bentuk persegi panjang…”. Betul, betul sekali. Siapapun memang berhak menggunakan desain persegi panjang untuk desain produk mereka. Apple tidak mematenkan bentuk persegi panjang, yang Apple patenkan adalah bentuk yang lebih spesifik, seperti ini:
Apple iPhone

Sesimple itu.

Apakah dengan Apple mematenkan desain seperti itu maka Samsung tidak bisa lagi membuat smartphone dengan desain yang lebih bagus? Bullshit.

Samsung tidak bisa mendesain smartphone persegi panjang mereka supaya tidak mirip dengan iPhone? Bullshit. HTC, Nokia, Motorola, LG, Sony Ericsson, dan lainnya bisa melakukannya.

“Mirip iPhone” bukanlah satu-satunya cara agar bisa mendesain smartphone yang bagus. Perhatikan ini:

Nokia Lumia 900

Nokia Lumia 900

dan ini:

Xperia Arc

Xperia Arc

Keduanya punya desain yang bagus, dan sama sekali tidak mirip iPhone walaupun sama-sama persegi panjang. Bagaimana Nokia dan Sony Ericsson bisa melakukan ini? Bagaimana cara mereka mendesain smartphone supaya tidak terjebak dalam desain “mirip iPhone”? Tentu saja mereka bisa karena mereka (Nokia/SE) tidak sama dengan Samsung yang terbosesi dengan iPhone, mereka punya desain tersendiri.

Sumber:
[Considering Apple]