Ubuntu 12.04 LTS Manual

Ubuntu 12.04 LTS Manual

Ebook berjudul “Getting Started with Ubuntu 12.04” ini adalah sebuah ebook yang ditujukan khusus buat pengguna Ubuntu 12.04 LTS, terutama buat pemula atau pengguna baru Ubuntu. Ebook ini membahasa Ubuntu (12.04 LTS) dari hal-hal dasar sampai penggunaan aplikasi untuk sehari-hari dan juga dilengkapi dengan troubleshooting.

Mungkin karena ditujukan khusus buat pengguna Ubuntu 12.04 LTS, maka ebook ini terkesan lebih fokus dalam membahas tentang destkop Ubuntu, Unity.

Untuk mendownload “Getting Started with Ubuntu 12.04” bisa melalui dua cara:

  1. Download dan install dari Ubuntu Software Center
  2. Download from Ubuntu Software Center

  3. Download dari situs web Ubuntu Manual

4 Replies to “Ubuntu 12.04 LTS Manual”

  1. Mas Ivan,
    Saya sekarang pake Dell XPS, Windows 7 64bit Original buat keperluan sehari-hari, bahkan gaming juga… Selain itu, saya pake iPad 2… Nah, baca2 blognya mas Ivan saya tertarik buat genti ke Ubuntu (karena tampilannya mirip Apple hehehe), tp saya msh bingung mau mulai darimana, dan apakah laptop sy bisa pake ubuntu, terus rugi nggak kalo saya genti Windows nya ke Ubuntu? Makasih mas Ivan… :))

    1. Hai @701bd0d5230c5611380780328cc51948:disqus ,
      Mungkin lebih tepatnya bukan “ganti” tapi “nambah”, soalnya saya belum menyarankan untuk mengganti Windowsnya.

      Anda bisa menggunakan Windows dan Ubuntu dalam satu komputer, sering disebut dengan “dual-boot”. Dual boot maksudnya dua sistem operasi yang ditanam dalam harddisk, tetapi hanya satu yang bisa dijalankan dalam satu waktu, jadi bukan dua duanya sekaligus. Proses pemilihan OS nya dilakukan pada saat komputernya booting, Anda bisa pilih masuk ke Windows atau Ubuntu.

      Untuk menginstall Ubuntu di harddisk Anda yang sudah ada Windowsnya gampang, yang penting siapkan saja partisi kosong sebesar minimal 7GB.

      Untuk pemula saya sarankan dualboot saja. Saya pun masih dualboot, soalnya kalau mau jailbreak saya masih butuh Windows, selain itu saya pakai Ubuntu untuk sehari-hari.

      Silakan download saja Ubuntu 12.04 LTS (64 atau 32 bit) dari website Ubuntu, lalu burning ke CD/DVD atau ke USB flashdisk. Setelah itu Anda bisa mencoba-coba Ubuntu dari mode “liveCD”. Mode “liveCD” itu memungkinkan Anda untuk mencoba-coba Ubuntu tanpa harus menginstallnya ke Laptop, jadi OS nya itu cuma dijalankan dari CD yang ada Ubuntunya.

      1. Oke, sudah cukup jelas sampai sini… Nanti pas udah ditambah dualboot dan pas saya pake ubuntunya, buat saya nulis word, dll nya sudah ada ato kita cari lagi aplikasi2 ubuntu gitu?

        Oiya mas ivan, apa di blog ini udah ada tutorialnya?
        Maaf saya sama sekali buta soal ubuntu hehehe

        1. Buat nulis word, presentasi atau spreadsheet bisa menggunakan LibreOffice, sudah terinstall secara default pada Ubuntu. Di LiveCD nya pun sudah ada.

          Kalau ada aplikasi yang belum ada, bisa dicari di Ubuntu Software Center, mirip App Store nya Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *