Jika Anda ingin menggunakan Time Machine melalui WiFi, maka Anda membutuhkan Time Capsule yang harganya lumayan mahal. Biar murah, solusi alternatifnya adalah gunakan komputer dengan distro Ubuntu (Linux) sebagai server Time Machine.

Solusi murah ini bisa didapatkan berkat Netatalk

Netatalk is a freely-available Open Source AFP fileserver. A *NIX/*BSD system running Netatalk is capable of serving many Macintosh clients simultaneously as an AppleShare file server (AFP).

Dengan asumsi Anda sudah memiliki komputer dengan distro Ubuntu (Linux), dan mengerti menggunakan Terminal, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tambahkan PPA Netatalk agar mendukung OS X Lion, caranya adalah menjalankan perintah berikut ini pada Terminal:
  2. Ubah konfigurasi Netatalk
    1. Buka Terminal, dan jalankan perintah:
    2. lalu beri komentar (tanda #) didepan ~. (“~” artinya direktori home)
    3. Kemudian di bawahnya tambahkan baris berikut:
      /backup/TimeMachine "TimeMachine" options:tm
      Baris di atas merupakan lokasi di mana backup-an akan tersimpan (TimeMachine). Jika Anda punya drive khusus untuk membackup, ganti lokasinya dengan lokasi direktori yang Anda inginkan.

      Anda bisa juga membuat user baru yang nantinya bertugas sebagai owner dari direktori ini, misalnya saja nama usernya timemachine, maka caranya adalah:

  3. Install avahi-daemon, yang berguna untuk menampilkan direktori yang di share ke dalam jaringan dengan perintah berikut:
  4. Selanjutnya jalankan perintah ini:

    dan tambahkan baris berikut ini

  5. Restart servicenya, dengan perintah berikut:
  6. Konfigurasikan Mac Anda
  7. Buka setttingan Time Machine, dan drive yang sudah dikonfigurasi di atas akan muncul secara otomatis. Setelah Anda memilihnya, login sebagai user timemachine disertai dengan password (yang sudah Anda buat pada langkah ke-2). Viola, server Time Machine Anda sudah selesai.

Catatan:
Tutorial ini belum sempat dicoba, tapi dijamin bekerja pada Ubuntu 11.10 dan Mac OS X Lion.

Sumber:
[Andrei Lisnic]