iPad

Sampai saat ini iPad mini memang masih rumor. Sampai Apple membuat pernyataan resmi tentang iPad mini, atau sampai iPad mengadakan special event, iPad mini hanya rumor belaka.

Alm. Steve Jobs sendiri pernah berkata bahwa tablet berlayar kecil adalah ide buruk:

Apple has done extensive user testing on user interfaces over many years, and we really understand this stuff. There are clear limits of how close you can physically place elements on a touchscreen before users cannot reliably tap, flick or pinch them. This is one of the key reasons we think the 10-inch screen size is the minimum size required to create great tablet apps.


Sekarang, kompetitor Apple kembali mengungkit-ungkit kata-kata yang pernah diucapkan Steve Jobs tersebut setelah muncul rumor bahawa Apple akan membuat iPad 7-8 inci atau yang lebih populer dikenal sebagai iPad mini. “Apple sudah kehilangan Steve, mereka sekarang buntu, kacau..”, dll.

Anggapan umum orang-orang tentang iPad mini ini adalah Apple ingin berkompetisi langsung dengan Google Nexus 7 atau Kindle Fire dari Amazon. Yang jelas, Apple ingin memenangkan persaingan di tablet berlayar 7-10 inci.

Tapi, ada alasan lain.

Textbooks
CFO Peter Oppenheimer mengatakan:

The iPad continues to be a great success in the US education market. Even though, as I mentioned earlier, we achieved all-time record Mac sales to US education institutions during the quarter, we sold more than twice as many iPads as Macs.

Kemudian Tim Cook melanjutkan:

The adoption rate of iPad in education is something I’ve never seen from any technology product in history. Usually education tends to be a fairly conservative institution in terms of buying, or K-12 does, and we’re not seeing that at all on the iPad.

Tim Cook juga sempat menyebut bahwa sebuah sekolah di Texas telah membeli 11.000 buah iPad untuk digunakan dalam pelajaran.

Dari sini para analist berpendapat bahwa Apple perlu membuat iPad dengan versi yang lebih kecil agar bisa menguasai pasar pendidikan. Keberhasilan iPad di sekolah-sekolah menunjukkan bahwa ada ketertarikan pembeli terhadap model yang lebih murah.

Nexus 7 dan Kindle Fire yang memiliki titik harga US$ 199 bukan hanya menjadikannya sebagai gadget yang diincar sebagai item hadiah, tetapi juga diinginkan oleh orang-orang yang tidak cukup memiliki uang US$ 499 untuk iPad 3 atau bahkan US$ 399 untuk iPad 2. Yang terpenting lagi, karena titik harga ini juga berlaku untuk sekolah-sekolah, kebanyakan akan mempertimbangkan untuk menukar fungsi dan kualitas iPad dengan tablet yang lebih murah, US$ 199. Melihat kemungkinan iPad yang basis penggunaannya sudah besar saat ini akan tergantikan dengan tablet lain di dunia pendidikan, Apple mau tidak mau harus mengambil tindakan.

Jika Apple merilis tablet yang lebih kecil sekitar 7 inci, para orang tua siswa akan mempertimbangkan untuk membelikannya bagi anak-anak mereka, terlebih karena ukuran dan beratnya yang cocok dengan tangan-tangan siswa yang kecil.

Phil Schiller mengatakan:

Education is deep in our DNA, and it has been since the very beginning,

Yup, jika pendidikan adalah bagian dari DNA Apple, kita hanya perlu menunggu bagaimana langkah Apple menguasai segmen pendidikan dengan iPad mini nya.

Baca juga:
26 Ribu iPad Dibagikan Gratis Untuk Siswa Sekolah
Dengan iOS 6, iPad bisa Jadi Alat Ujian Sekolah
Sekolah Ini Mewajibkan Para Muridnya Untuk Memiliki iPad