Awalnya saya jarang menggunakan aplikasi text editor di laptop saya sebelumnya. Namun setelah saya menggunakan Linux/Ubuntu, text editor kini menjadi salah satu aplikasi yang paling sering saya gunakan. Terima kasih Linux :)

Text Editor

Maklum, text editor default di Windows tidak ada apa-apanya kalau dibandingkan dengan text editor default di Ubuntu, Gedit (GNOME text editor). Gedit jauh lebih nyaman digunakan dibandingkan Notepad. Yang jelas, kalau sudah berurusan dengan kode-kode program, segeralah cari text editor lain yang bisa mendukung pekerjaan Anda, misalnya Notepad++ (untuk Windows).

Salah satu fitur yang cukup berguna pada saat berurusan dengan text editor adalah syntax highlighting. Syntax highlighting adalah sebuah fitur dari text editor yang menampilkan teks, terutama kode-kode program dalam warna yang berbeda-beda berdasarkan jenis bahasa pemrogramannya.

Dengan adanya syntax highlighting maka kita lebih dimudahkan dalam menulis dan mengerti bahasa program/markup. Text editor favorit saya di Ubuntu, Gedit, sudah memiliki fitur ini secara default.

Pada Gedit dan beberapa text editor populer lainnya seperti Notepad++, TextMate, BBEdit, ataupun Vim kita masih bisa mengubah skema warna dari syntax yang ditampilkan sesuai dengan selera. Skema warna ini meliputi background dan warna teks/font.

Karena saya menggunakan Gedit, jadi saya akan menunjukkan bagaimana cara mengubah tampilan text editor tersebut.

Dari sekian banyaknya template/theme yang bisa didownload, saya memilih “Tomorrow Theme” yang terbaik. Selain karena memiliki variasi tema, Tomorrow Theme juga mendukung cukup banyak text editor, untuk Windows, Mac dan Linux pun ada.

Langkah-langkah:

  • Buka halaman Tomorrow Theme.
  • Download themesnya, Anda bisa pilih sebagai .zip atau .tar.gz. Anda pun bisa mendownloadnya satu persatu sesuai dengan text editor yang Anda gunakan.
  • Setelah filenya selesai didownload, ekstrak.
  • Jalakan aplikasi Gedit, pilih menu Edit > Preferences.
  • Buka tab Fonts & Colors, lalu klik tombol add ( + )
  • GEdit

  • Telusuri dan cari nama folder (dari file yang sudah di ekstrak tadi sesuai dengan nama text editor yang Anda gunakan, dalam hal ini GEdit.
  • Tambahkan file .xml nya satu persatu sehingga semua temanya terinstall.

Setelah itu, Anda bebas memilih tampilan mana saja yang ingin Anda gunakan.

Tampilan Gedit menggunakan tema Tomorrow Theme:
Gedit

Sumber:
[GitHub]