Samsung iPhone

Setelah dituntut lebih dari US$ 1 miliar akibat kekalahan Samsung dari Apple di pengadilan, lalu menyebut Samsung sebagai pemenang terdengar tidak masuk akal. Tapi itulah kenyataannya.

Menurut Robert Scoble:

It only cost $1 billion to become the #2 most profitable mobile company. Remember how much Microsoft paid for Skype? $8 billion. So, for 1/8th of a Skype Samsung took RIM’s place and kicked HTC’s behind.

That said, I bet that RIM wishes it had copied the iPhone a lot sooner than it did. So does Nokia, I bet. Samsung is a much healthier company than any of those BECAUSE it copied the iPhone.

Samsung memang kalah di pengadilan, tidak main-main Samsung dituntut sekitar US$ 1 miliar. Tapi Samsung tidak rugi telah menjiplak Apple karena dengan begitu Samsung bisa mengalahkan perusahaan lain dan menjadi perusahaan pembuat ponsel paling menguntungkan nomor 2 di dunia.

Ya, US$ 1 miliar bisa jadi ongkos bagi Samsung untuk bisa mendapat predikat perusahaan pembuat ponsel paling menguntungkan nomor 2, sekaligus sebagai perusahaan tukang jiplak paling menguntungkan. Dan ingat, US$ 1 miliar bagi Samsung itu tidak besar, apalagi Samsung masih bebas menjual smartphone-smartphone nya. Itu artinya walaupun sudah terkenal dengan copycat nya tapi Samsung masih bisa meraup untung yang banyak, dari smartphone mereka yang mirip iPhone.