Salah satu hal yang membuat iDevice begitu hebat adalah banyaknya jumlah aplikasi atau apps yang tersedia untuk dijalankan. Aplikasi tersebut bisa ditemukan di App Store.

App Store

Aplikasi dikembangkan menggunakan Xcode dan SDK iOS pada komputer bersistem operasi Mac OS X. Aplikasi yang dibuat bisa dijalankan dalam sebuah simulator iOS atau bisa langsung diinstall pada perangkat asli untuk keperluan uji coba. Aplikasi tersebut dikirim ke Apple untuk di review. Jika diterima, aplikasi-aplikasi tersebut akan ditanda-tangani (secara digital) oleh kunci private milik Apple dan diluncurkan ke App Store agar bisa didownload oleh pengguna lain. Aplikasi harus ditanda-tangani oleh pihak terpercaya, misalnya Apple, atau aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan berjalan pada perangkat karena iOS membutuhkan Mandatory Code-Signing. Perusahaan juga bisa mendistribusikan aplikasi kepada karyawan mereka dengan sistem yang sama, tetapi perangkat milik karyawan tersebut harus dikonfigurasi terlebih dahulu untuk dapat menginstall aplikasi yang ditanda-tangani oleh perusahaan tersebut.

Dan tentu saja, setelah Anda dapat mendownload aplikasi baru ke iDevice, itu akan membuka kesempatan untuk malware. Namun, Apple telah berusahan untuk mengurangi resiko tersebut dengan code signing dan proses review Apple yang cukup ketat. Sebagai tambahan, aplikasi App Store berjalan dalam sandbox pada level privilege yang rendah untuk mengurangi kerusakan yang bisa saja terjadi.