Ubuntu on Nexus 7

Tampaknya Nexus 7 adalah tablet “resmi” yang akan digunakan sebagai perangkat ujicoba untuk menjalankan Ubuntu 13.04. Jono Bacon, Manajer Komunitas Ubuntu Canonical mengungkapkan dari blognya:

A core goal for Ubuntu 13.04 is to get Ubuntu running on a Nexus 7 tablet.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Mark Shuttleworth sempat menganjurkan kepada para peserta/developer yang akan hadir pada UDS (Ubuntu Developer Summit) di Denmark untuk membawa serta perangkat Nexus 7 mereka. Dan Mark sudah pasti punya tujuan tersendiri mengapa ia sempat menyebut-nyebut tentang Nexus 7, bersamaan dengan pengumuman nama Ubuntu 13.04, Raring Ringtail.

Rupanya, Mark berniat mengajak para developer untuk menguji coba Ubuntu 13.04 pada perangkat tablet, khususnya Nexus 7. Bahkan untuk mendukung goal ini, telah dibentuk sebuah proyek “Ubuntu on the Nexus 7” di Launchpad yang nantinya akan dimanfaatkan oleh para developer dan beta tester untuk bertukar informasi.

Untuk membantu para developer agar bisa menjalankan Ubuntu pada Nexus 7, Canonical telah merilis tutorial dan program khusus, yang bisa langsung dilihat pada halaman Wiki-nya. Jika Anda memiliki Nexus 7 dan cukup berani untuk mencobanya, silakan ke halaman tersebut untuk mengikuti tutorialnya.