Ubuntu Tweak, aplikasi utiliti paling populer di Ubuntu yang sudah saya gunakan sejak Ubuntu 9.04 telah dihentikan pengembangannya.

Tualatrix, selaku pembuat sekaligus pengembang dari Ubuntu Tweak secara resmi mengumumkan berita ini pada blog Ubuntu Tweak:

You may ask why I made this decision to stop the development of Ubuntu Tweak, I may write 10,000 words to describe how I start this project, how I feel happy from this project, how I feel bad from this project…But I just want to say: If making free software is not free any more, why still doing this?

Mengapa sampai dihentikan? Apalagi Ubuntu Tweak adalah salah satu aplikasi yang cukup perlu diinstall setiap kali kita selesai menginstall Ubuntu. Dan dengan Ubuntu 12.10 yang baru saja dirilis Ubuntu Tweak sudah pasti akan menjadi sahabat pengguna Ubuntu pemula.

Sebelum pengumuman masalah penghentian pengembangan Ubuntu Tweak, Tualatrix malah sempat mengumumkan Ubuntu Tweak 0.8.0:

Download and try Ubuntu Tweak 0.8.0

Do remember that Ubuntu Tweak 0.8.0 is not fully adapted to Ubuntu 12.10, so there may be some issues when you try it under 12.10 for tweaking something.

Beberapa orang mengatakan bahwa biaya pengembangan Ubuntu Tweak sudah cukup berat untuk ditanggung Tualatrix sendiri. Ada pula rumor bahwa Tualatrix menghentikan pengembangan Ubuntu Tweak karena Tualatrix sadar bahwa Ubuntu Tweak tidak akan pernah masuk/terdaftar pada repo resmi Ubuntu.

Yang jelas, source code Ubuntu Tweak masih tersedia buat siapa saja yang mau mengembangkan atau mem-fork nya.