Pada saat mengumumkan codename untuk Ubuntu 13.04, Raring Ringtail, Mark Shuttleworth mengajak para peserta UDS (Ubuntu Developer Summit) yang akan diadakan nanti di Denmark untuk membawa Google Nexus 7 mereka.

So bring along a Nexus 7 if you’re coming to Copenhagen, because it makes a rumpty reference for our rootin’ tootin’ radionic razoring.

Dari pernyataan Mark ini bisa disimpulkan bahwa Canonical atau para developer akan mengumumkan sesuatu terkait dengan Ubuntu untuk tablet.

Dan benar saja, Victor Palau, Commercial Engineering Director di Canonical mengupload sebuah video ke YouTube yang menampilkan Ubuntu 13.04 yang berjalan mulus pada Nexus 7.

Nexus 7 yang dikembangkan oleh Google bersama dengan ASUS ini adalah sebuah tablet Android, namun Canonical menemukan bahwa spesifikasi dari tablet ini cocok untuk diinstall Ubuntu.

Berikut ini adalah videonya.

UDS yang akan berlangsung pada 29 Oktober nanti kemungkinan besar akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai instalasi Ubuntu pada perangkat tablet, khususnya Nexus 7. Jadi, buat Anda pemilik tablet Android dengan spec yang serupa dengan Nexus 7 ini bisa jadi kabar baik buat Anda, terutama buat yang suka ngoprek.