Ubuntu Tweak yang sebelumnya sempat diberitakan bahwa pengembangannya telah dihentikan oleh Tualatrix, pembuatnya sendiri, kini kembali dilanjutkan pengembangannya.

Bersamaan dengan pengumuman ini Tualatrix merilis Ubuntu Tweak 0.8.1 yang sudah bekerja dengan baik pada Ubuntu 12.10 yang baru saja dirilis.

Tualatrix kini menjelelaskan alasannya untuk menghentikan pengembangan Ubuntu Tweak:

But now I don’t feel any freedom about developing this software any more. The initial motivation is changed, and I’m still looking for new motivation.

This is because the new release of Ubuntu Tweak 0.8.0 makes me feel a lot of pressure, the high network traffic made the server almost out of bandwidth. This project gives me more pressure than happiness,

Alasan di atas bisa dimaklumi, karena selaku pembuat sekaligus pengembang Tualatrix harus menanggung sendiri biaya perawatan server, dan harus menambahkan fitur-fitur pendukung untuk Ubuntu versi terbaru sekaligus mengujinya. Apalagi sejak Ubuntu 12.04 LTS dirilis, kita bisa melihat sendiri kalau Ubuntu Tweak semakin banyak perubahan, terutama pada fitur dukungan untuk Unity.

Namun kita pengguna Ubuntu tidak perlu khawatir sekarang, Tualatrix berjanji akan tetap melanjutkan pengembangan Ubuntu Tweak, walaupun mungkin akan sedikit melambat.

Download Ubuntu Tweak 0.8.1 (.deb)

Atau install melalui PPA: