You’ll get what you pay for.

Mike, pengguna Nexus 7:

When I have a problem with an Apple product I walk into the store and walk out with a working device or immediate replacement. I’ve bought two Kindles that had problems, and Amazon shipped replacements overnight, at no charge for shipping in either direction.

I’m seriously disappointed in Google not standing behind a defective Nexus 7, just because I didn’t purchase it from them. Apple and Amazon stand behind their products no matter where you purchased them.

Laura Northrup dari Consumerist:

The problem is that you can’t expect the same kind of support that an iPad owner would get when the Nexus 7 costs a lot less. They’re not exactly the same, but an iPad Mini costs $329 for 16 gigabytes of memory and wi-fi only, and the roughly equivalent Nexus 7 costs $200.

iPad mini terlalu mahal dibanding “other tablets”? Silakan mencaci Apple sepuas Anda.

Google (dan Amazon) memiliki model bisnis yang berbeda dengan Apple.

Google menghasilkan uang dengan menjual ruang iklan (seperti yang bisa Anda lihat pada sidebar blog ini). Hal ini mendorong, serta memungkinkan Google untuk menjual perangkat Android dengan biaya murah (dan memberikan layanan secara gratis/murah) sehingga dapat menarik semakin banyak pembeli.

Dan Apple, buat yang belum tahu, Apple menghasilkan uang dengan membuat margin (keuntungan) pada hardware (iPhone, iPad, dll). Layanan yang diberikan Apple bukanlah penghasilan utama, melainkan sebagai fitur tambahan yang akan membantu Apple menjual semakin banyak perangkat mereka. Ini adalah alasan utama mengapa Apple memiliki margin yang tinggi.

Banyak orang-orang yang mengeluh mengenai margin Apple yang terlalu tinggi, atau membanding-bandingkan iDevice dengan perangkat lain yang harganya jauh lebih murah dibanding perangkat Apple. Ini tidaklah relevan. Jika Anda merasa sebuah perangkat layak dibeli (memiliki kualitas yang sebanding dengan harganya), belilah. Kalau tidak, jangan dibeli.

Apple tidak akan pernah bersaing melawan perusahaan yang menjual perangkat dengan harga yang murah, atau bahkan seperti Amazon yang menjual Kindle tanpa keuntungan, justru harus memotong bisnis ritel digital mereka.

Jika Apple ingin bersaing dengan perusahaan-perusahaan tersebut, satu-satunya cara adalah Apple harus mengubah model bisnis mereka. Dan hal ini, tidak akan terjadi.