Integrated services

Beberapa hari yang lalu, salah satu kenalan di Facebook mengaku kecurian iPhone. iPhone miliknya hilang dicuri di rumahnya sendiri. Lenyap, padahal cuma ditaruh di depan windows setelah dimainkan sama anaknya.

… pas sy cari2 gak ketemu, sy cek di pc di situs icloud kok ga kedetek.. Tdnya pikiran sy kebawa bini ternyata gak dibawa, trus sy pantau terus pc sampai akhirnya nongol di posisi desa tetangga deket counter temen sy langsung kejar kesana, dan untungnya temen counter hp itu sempat chat via fb nanya kok ada org mau jual ipon mirip pny sy… Sayang tuh maling keburu kabur sy nyampe..

lanjut…

di sini desa kecil pemilik ipon jarang bngt hanya ada beberapa org, kebetulan counter hp nya masih teman walau desa tetangga dan hapal ipon sy.. Trus pas ipon sy dikonekin ke wifi langsung ada bunyi ting tong gitu yg bikin malingnya mungkin takut dn kabur trus kelabakkan waktu ditanya passwodnya..

Syukurlah cerita di atas berakhir bahagia, alias happy ending. iPhone nya kembali ke pemiliknya, dan si maling entah bagaimana nasibnya sekarang.

Pelajaran yang bisa diambil dari cerita di atas adalah,

… jangan taruh iPhone Anda di sembarangan tempat. Walaupun itu dalam rumah sendiri, hindari menaruh barang berharga di tempat-tempat yang gampang diakses dari luar. Misalnya depan jendela atau dekat pintu. Pencuri tidak memandang apakah perangkat Anda RAM-nya hanya 1GB atau layarnya hanya 3,5 inci. Selama masih memiliki nilai jual iPhone Anda masih menjadi sasaran pencuri.

Yang kedua, iPhone (iOS) memiliki layanan dan aplikasi yang bernama Find My iPhone yang bisa Anda install dari App Store yang fungsinya untuk melacak lokasi iPhone Anda kalau kenapa-kenapa. Anda cuma perlu meng-install-nya dari App Store, dan login dengan Apple ID Anda.

Dengan Find My iPhone Anda bisa melacak lokasi iPhone Anda yang hilang melalui peta, memunculkan pesan pada layar iPhone, mengunci iPhone dari jauh, dan bahkan menghapus data-data di dalamnya secara remote (jalan terakhir).

Manfaatkan iCloud. iCloud bukan hanya cerita atau mitos, bukan cuma sekedar pemanis keynote Steve Jobs di atas panggung. iCloud benar-benar memiliki fungsi yang sangat membantu kalau memang dimanfaatkan.

iPhone + iOS + iCloud = life saving.

Cerita di atas adalah satu dari sekian banyak cerita dari suksesnya Apple mengintegrasikan hardware, software dan layanannya.