Berita mengenai iPhone 5 yang akan dirilis secara resmi ke Indonesia pada 14 Desember nanti mendapatkan respon yang berbeda-beda.

Bagi yang belum punya iPhone, dan punya keinginan untuk membeli iPhone pada tahun ini atau awal tahun depan, ini adalah berita baik tentunya karena tidak perlu lagi repot-repot untuk memesan dari luar negeri. Bagi yang sudah punya iPhone 5, entah karena pesan dari luar Indonesia atau mendapat hadiah dari saudara dari luar negeri, ini adalah berita yang biasa-biasa saja.

Oh ya, dan satu lagi, buat yang sedang menunggu… tetaplah menunggu.

Seringkali, setiap Apple merilis sebuah produk baru, ada saja orang yang “nanti aja deh”, “tunggu versi terbaru nya aja”, atau “skip dulu sampai fitur xxx ada”.

Saya heran, kenapa sih banyak orang yang berpikir kalau Apple akan meluncurkan produk terbaru setiap tahun hanya untuk memenuhi keinginan semua orang. Apple tidak memaksa Anda untuk membeli iPhone, iPad atau iPod touch setiap tahun. Apple pastinya akan senang kalau Anda mengganti perangkat Anda setiap tahun, tapi kalau Anda berniat untuk bertahan dengan perangkat Anda yang sekarang, Apple tidak akan marah atau kecewa.

Justru, Apple akan tetap menghasilkan uang dari Anda.

Bayangkan, kalau Anda telah membeli iPhone, iPad, atau iPod touch, atau bahkan dua diantara perangkat tersebut, Anda kemungkinan besar telah masuk ke ekosistem Apple yang cukup untuk membuat Anda tetap bertahan menggunakan perangkat Apple. Kalau begini, Apakah Anda akan berencana untuk menggunakan perangkat dari vendor lain? Kemungkinan besar tidak. Anda akan selalu melakukan upgrade, setiap tahun ataupun dua tahun sekali.

Yang lebih penting, Apple memperbarui hardware mereka untuk membuat produk mereka lebih baik dan menjadi lebih menarik kepada pengguna baru. “Lebih baik” itu relatif sih sebenarnya. Tetapi yang pasti, buat orang-orang yang belum punya kesempatan atau baru akan membeli produk Apple menganggap model terbaru selalu menakjubkan.

Hal yang sama juga berlaku untuk software atau perangkat lunak. Para developer memperbarui dan meningkatkan kemampuan software mereka untuk dua alasan: mendorong pengguna yang ada sekarang untuk melakukan pembaruan, dan meningkatkan nilai dari software tersebut.

Setiap tahun, dengan harga produk yang sama, Apple telah meningkatkan nilai dari produk mereka kepada calon pembeli dengan jalan baik itu peningkatan dari sisi hardware maupun software.

Jadi intinya, silakan beli iPhone 5. Jangan beli iPhone 5. Atau, menunggu saja terus. Tidak ada yang peduli. Apple tidak akan merilis produk hanya untuk memuaskan Anda saja.

While you might be able to buy products in the same category for less, you often can’t buy name-brand products in the same category for less and you can never buy name-brand products with the same high build quality and user experience. Further, Apple products generally provide a lower cost of ownership.

This is why people buy Apple products. Because they provide value at their price point. Not because Steve Jobs put the voodoo on us.

The Mackalope