Sebelumnya saya sudah membahas bagaimana menginstall dan menggunakan SSH pada iDevice. Salah satu bagian terpenting dari tutorial tersebut adalah mengubah password root yang tadinya standar, alpine, menjadi password rahasia buatan Anda sendiri.

Setiap iDevice yang belum dijailbreak password root nya sama, yaitu “alpine”. Kebanyakan orang merasa password ini tidak perlu diganti karena jarang digunakan kecuali pada saat diakses via SSH, tapi buat beberapa orang yang peduli dengan masalah keamanan pasti akan mengubah password ini menjadi lebih rahasia.

Masalahnya adalah, bagaimana kalau password root yang telah diubah ini dilupakan oleh pemiliknya sementara terjadi problem dengan iDevicenya dan perlu akses SSH? Atau bagaimana kalau ada seseorang yang menjual iPhone miliknya yang dalam kondisi telah dijailbreak dan password rootnya telah diganti dan pemilik barunya ingin melakukan remote SSH?

Tenang, kedua masalah di atas bisa di atasi dengan cara reset password. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Perhatian!:
Tutorial berikut bukanlah cara melakukan reset pada passcode pada iDevice. Passcode dan password SSH adalah dua hal yang berbeda.

  1. Download program i-FunBox.
  2. Setelah itu install dan jalankan.
  3. Hubungkan iPhone Anda ke komputer dan pastikan i-FunBox sukses mendeteksinya.
  4. Pada panel sebelah kiri, buka Raw File System.
  5. Buka folder /etc atau /private/etc, dan cari file bernama master.passwd.
  6. Copy file tersebut ke komputer Anda (sekaligus sebagai cadangan kalau terjadi apa-apa).
  7. Kemudian buka file master.passwd tersebut dengan aplikasi text editor semisal EditPad (saya sarankan jangan buka dengan Notepad pada Windows).
  8. Biasanya, password yang diubah adalah password untuk user root dan mobile. Jika Anda lupa password root nya saja, maka yang direset password root nya saja. Kalau password mobile nya juga lupa, reset saja dua-duanya. Yang jelas, sesuaikan kebutuhan saja.
    • Untuk mereset password root, cari baris berikut ini:
    • dan ubah menjadi (yang teliti ya..):

    • Untuk mereset password mobile, cari baris berikut ini:

    • dan ubah menjadi:
  9. Setelah selesai, save file nya (ingat untuk menyimpan backupnya) dan copy kembali ke tempat asalnya, yaitu di /private/etc atau /etc menggunakan i-FunBox.
  10. Trik ini akan mereset password root atau mobile kembali ke asalnya, yaitu alpine.