Smartphone

Setujukah Anda kalau saya katakan bahwa desain hardware sangat dipengaruhi oleh software/sistem operasi nya?

iOS penuh dengan kotak-kotak yang sudutnya membulat (ikon aplikasinya, tombol, dll), dan hardwarenya sendiri (iPhone/iPad) adalah persegi yang juga memiliki sudut membulat.

Android sangat tidak konsisten bervariasi. Ikon aplikasinya kadang tidak memiliki kotak/tertutup (bandingkan antara ikon Gmail dengan Phone) seperti pada iOS. Setiap skin/tampilan dari smartphone Android berbeda-beda tergantung pembuatnya misalnya pada Motorola, Samsung, Sony dan HTC. Ini membuat pengalaman penggunaan setiap berbeda dari perangkat ke perangkat.

Ketidakkonsistenan tersebut, jika diaplikasikan pada hardware Android maka Anda akan mendapatkan perangkat yang terlalu besar, aneh atau buncit agar desain hardwarenya tersebut cocok dengan tampilan sistem operasinya. Setiap vendor/OEM (Android) ingin produknya berbeda dengan yang lain, hal inilah yang membuat perangkat Android mengalami krisis desain/identitas.

Krisis desain/identitas? Ya, salah satu hal paling mengerikan telah dilakukan oleh Samsung yang telah mengambil jalan untuk “mempelajari” desain iPhone dan mengimplementasikannya ke smartphone mereka, mulai dari sisi hardware dan software.

Samsung smartphone

Nice try, Samsung

Hasil dari usaha Samsung ini cukup sukses (sayangnya RIM terlambat untuk mempelajari strategi ini). Bisa dilihat dari banyaknya orang yang membeli smartphone tiruan iPhone ini yang mampu membuat Samsung sebagai pesaing utama Apple sebagai pembuat smartphone terbesar.

Oke, bagaimana dengan Windows Phone?

Windows Phone ini berbeda dari yang lainnya. Antarmukanya yang seperti ubin, penuh dengan animasi dan live tiles membuatnya berbeda dari iOS dan Android. Sedangkan desain hardwarenya sama-sama kinclong dengan sistem operasinya. Nokia Lumia 920 dan HTC 8X diperkenalkan dalam berbagai warna, berlayar lebar, bodi tipis, serta desain hardware yang mantap. Pada sisi desain, kedua smartphone ini mampu dikatakan sebagai penantangnya iPhone.

Yang lebih penting, smartphone Windows Phone tidak seperti smartphone Android yang dapat membuat orang kebingungan membedakannya dengan iPhone. Hardware yang didesain untuk sistem operasi mobile milik Microsoft ini sangat unik dan tidak terlihat murahan.

Mengapa HTC dan Nokia seperti tidak memiliki masalah dalam membuat perangkat yang unik dan cantik untuk Windows Phone (HTC juga termasuk pembuat smartphone Android) sementara OEM smartphone Android terus saja meluncurkan perangkat murahan dan jelek ke pasaran?

Oke, saya mengutip tulisan Deddy Corbuzier sekali lagi:

ok why dating? because that what i feel now having this iphone 5 in my hands.. it feels like dating a supermodel..
ppl go woow , waah etc when they see this phone on my hands.. a feeling that i didnt get it when i was holding my galaxy s3.

Deddy Corbuzier

Seorang super model yang cantik butuh pakaian yang cantik pula.

Intinya, apa yang cantik di dalam butuh sesuatu yang juga cantik di luar.