iTunes 11
iTunes (aplikasi) telah berumur lebih dari 11 tahun, dan peluncuran iTunes 11 kemarin menunjukkan banyaknya perubahan yang terjadi sejak dirilis pertama kali pada tahun 2001.

Penampilan lebih menawan dari sebelumnya. Lebih sleek, lebih simpel, lebih cerdas dan… lebih Apple. Dan seperti kata MakeMac, iTunes 11 adalah pertemuan antara iOS dan OS X.

Tapi iTunes tetap iTunes, sama yang seperti kita kenal dahulu, tidak berubah, masih tetap familiar bagi pengguna produk Apple.

Ada tiga perubahan utama pada iTunes 11 ini, pertama adalah tampilan yang redesign, App Store yang juga diredesign untuk menyesuaikan dengan iOS 6 pada iDevices, dan integrasi fitur iCloud yang lebih dalam.

Kesan pertama saat menjalankan iTunes 11 adalah, sangat simple memang, panel kiri yang dulu sudah hilang, lebih banyak grafik yang muncul, halaman-halaman yang berisi teks jadi berkurang, dan antarmuka yang lebih intuitif.

iTunes 11

iTunes 11

Library Anda bisa diakses dari tombol disebelah kiri di menubar, sedangkan untuk membuka iTunes Store tombolnya ada disebelah kanan. Kebanyakan menu masih pada posisinya, tidak banyak berubah. Panel sebelah kiri yang dulunya menampilkan kumpulan playlist lagu Anda kini berada pada menubar, dengan nama Playlists.

Album view

Ketika menelusuri album musik, Anda bisa mengklik sebuah album untuk menampilkan perluasan menu yang menampilkan informasi album tersebut dengan sangat menarik.

Album view

Keren sih, namun sayangnya, pada tampilan Album ini Anda akan kesulitan melacak posisi lagu, atau album mana yang sedang terputar.

Up Next

iTunes 11 memiliki fitur Up Next yang berguna untuk menampilkan daftar main lagu-lagu Anda.

iTunes 11

iTunes 11

Ada ikon “History” yang berguna untuk menampilkan daftar lagu yang telah dimainkan sebelumnya. Anda bisa menghapusnya tapi sayangnya tidak bisa (eh mungkin bisa, tapi saya belum tau caranya) menyimpan daftar main tersebut sebagai sebuah playlist untuk dimainkan di lain waktu.

iCloud

iTunes 11 juga memperdalam integrasi antara perangkat. Item yang dibeli dari iPhone, iPad atau iPod touch (bisa) secara otomatis muncul di iTunes 11.
iTunes 11

Download Manager

Atas dasar kesederhanaan pula, download manager pada iTunes 11 tidak disatukan pada antarmuka utama, melainkan dipisah pada jendela program tersendiri.

iTunes 11

Jailbreak Safe

Yeah, iTunes 11 aman untuk para jailbreaker.

Secara keseluruhan, walaupun terlambat dirilis tapi iTunes 11 layak untuk ditunggu. Beberapa pengguna mungkin tidak suka, tapi sebagian lagi menyukainya dan menganggapnya sebagai sebuah perbaikan dan peningkatan besar dari yang sebelumnya.