iPhone 5
Apakah Anda pernah membandingkan review dari produk-produk Apple (iPhone/iPad, dll) dengan produk dari merk lainnya? Saya yakin, kebanyakan yang unggul adalah produk Apple. Produk Apple memang sering mendapat skor review yang tinggi. Alasannya?

Ha, pendapat umum adalah, “karena yang mereviewnya adalah website yang Apple-centric”, “karena para iSheep yang memvoting”, atau… “ya karena Apple, titik”

Tapi, saya punya pendapat lain.

Saya pikir bukan hanya karena itu adalah produknya Apple sehingga skor reviewnya harus selalu tinggi dibanding yang lain. Kalau begini sih itu artinya cuma mengandalkan nama besar saja. Saya pikir justru sebaliknya.

Saya pernah ngobrol dengan seorang dosen saya, dan sempat meminta pendapatnya tentang soal mid-test, kenapa ada kelas yang mendapat soal yang lebih mudah, dan kebanyakan diantara mereka lolos mid-test, sedangkan ada kelas yang mendapat soal yang jauh lebih sulit. Dosen tersebut menjawab singkat, karena ia menaruh harapan yang lebih tinggi pada mahasiswa yang lebih cerdas (baca: yang dapat soal lebih sulit).

Saya pada awalnya berpikir ini sepertinya tidak adil. Tapi, kalau dipikir-pikir salah satu faktor kesuksesan Apple adalah karena orang-orang menaruh harapan yang (kadang terlalu) tinggi pada produk-produk mereka. Dan coba tebak, Apple mirip dengan si mahasiswa cerdas, Apple tetap mendapatkan skor yang tinggi dan tetap mampu memberikan kepuasan kepada konsumennya karena telah terlatih dengan “soal” yang lebih sulit dengan yang lainnya. Dan ya, dengan standar yang lebih tinggi, nilai yang akan didapatkan pasti akan tinggi juga.

But still, sometimes good product is just good product.