evad3rs

evad3rs

Masih ingat dengan JailbreakMe? Cara termudah untuk melakukan jailbreak yang tidak membutuhkan komputer ini mungkin saja akan diterapkan pada jailbreak iOS 6.1 yang akan dirilis nanti oleh evad3rs.

Sebenarnya belum ada penjelasan resmi dari @evad3rs atau pihak yang bertanggung jawab atas jailbreak iOS 6 mengenai model jailbreak berikutnya, namun ada beberapa point seperti yang dikemukakan oleh JailbreakMatrix bahwa mungkin saja model jailbreak berikutnya adalah “Slide to Jailbreak” yaitu berbasis web seperti JailbreakMe yang diciptakan oleh @comex.

Beberapa point tersebut adalah:

  1. Logo “E” dari @evad3rs yang mirip dengan panah pada lockscreen iOS, walaupun arahnya terbalik :).
  2. Tim hacker iOS (evad3rs) mengirim paper yang berjudul “Swiping through modern security features” yang akan mereka presentasikan pada even HITB di Amsterdam bulan April nanti. Melalui paper ini saya berasumsi mungkin saja @planetbeing, @pod2g, dkk telah menemukan bug/exploit unik pada iOS 6 yang memungkinkan mereka untuk merilis jailbreak iOS 6 ke publik.
  3. Perhatikan tweet dari @MuscleNerd berikut:
  4. “ML not required”?

    Apakah maksudnya Mountain Lion bukan syarat/keharusan (bisa pakai Windows/Linux), ataukah komputer memang tidak dibutuhkan sama sekali?

  5. Website evad3rs.com sudah didaftarkan bersamaan dengan dibentuknya tim evad3rs oleh pod2g, namun saat ini masih belum bisa diakses karena situsnya masih diarahkan ke akun Twitter @evad3rs. Jika saatnya tiba, situs evad3rs.com ini akan bisa diakses oleh siapapun.

    Pertanyaannya, untuk apa membuat website baru? Ini hanya perkiraan saya saja, tapi bisa jadi untethered jailbreak iOS 6 nanti bukan lagi melalui program komputer seperti Absinthe atau Redsn0w, tetapi melalui “swiping” atau menggesekkan jari langsung di layar iDevice. Dan karena alasan inilah, maka dibuat sebuah website khusus, seperti halnya JailbreakMe.com.

    Oke, anggap saja saya salah. Mungkin evad3rs.com kurang lebih sama saja dengan blackra1n atau limera1n yang dibuat GeoHot, atau Spirit yang dibuat comex, yaitu website khusus yang menyediakan link download untuk program jailbreaknya. Tetapi perlu diingat, GeoHot dan Comex itu “single fighter”. GeoHot dan Comex biasanya bekerja sendiri-sendiri tanpa dibantu orang lain, termasuk saat mencari bug/exploit sampai pada membuat dan merilis program. Sedangkan evad3rs adalah grup hacker, dan seperti yang kita ketahui bersama MuscleNerd adalah anggota dari iPhone Dev-Team yang terkenal dengan Redsn0w-nya.

    Apakah program jailbreak nantinya sangat berbeda dengan program jailbreak yang ada sekarang (Redsn0w/Absinthe) sehingga perlu dibuatkan website khusus? Mengapa Dream Team tidak dibuatkan website juga?

Update:
evad3res telah memastikan bahwa program terbaru mereka akan disebut “evasi0n” yang bisa diakses dari alamat evasi0n.com, kompatibel dengan Linux, Windows, dan Mac OS X. Bukan berbasis web seperti yang saya perkirakan di atas. Ini berarti evasi0n kurang lebih mirip dengan blackra1n, limera1n, atau Spirit.

Well… selamat menunggu.

Tidak perlu terburu-buru untuk jailbreak. Pada saat jailbreak iOS 6 dirilis nanti, trafik ke Cydia akan sangat padat, sebagian besar pengguna tidak akan bisa mengakses Cydia tanpa menemukan error pada koneksi.

Santai saja, biarkan para newbie merasakan sensasi “my first” jailbreak mereka.