Installous

Sekali Anda pernah melakukan jailbreak pada iDevice Anda, bisa dijamin kalau Anda sudah mengenal yang namanya Install0us (awalnya pake “0” bukan “o”) dari Cydia. Tidak diragukan lagi, aplikasi ini, bersama-sama dengan AppSync adalah pintu gerbangnya pembajakan aplikasi iOS. Apptrackr yang berfungsi sebagai database aplikasi, Installous yang mendownload secara gratis, Installous pula yang menginstall. Karena fiturnya ini, Installous bagi sebagian orang adalah aplikasi yang wajib diinstall setelah melakukan jailbreak.

Baru-baru ini Hackulous, tim pengembang yang bertanggung jawab atas apptrackr, Installous, AppSync, dan Crackulous telah menutup “layanan” mereka. Alhasil, Installous dan repositori utama mereka; cydia.hackulo.us menjadi tidak bisa digunakan. Banyak yang kecewa dengan keputusan Hackulous ini. Ada yang menjadi insaf membajak, tetapi tidak sedikit yang justru mencari alternatifnya.

Developer aplikasi iOS Larisa Flora tampaknya memanfaatkan momen kerinduan para pembajak ini dengan merilis aplikasi bernama “Installous” ke App Store. Tapi itu bukan aplikasi yang fungsinya sama dengan yang ada di Cydia, yang ini adalah game puzzle (bisa dilihat dari deskripsinya).

Mungkin karena kepopuleran Installous ini banyak orang yang rela mengeluarkan $2.99 untuk “menyumbang” ke Larisa Flora demi aplikasi idamannya ini tanpa membaca deskripsi terlebih dahulu yang sudah sangat jelas. Akibatnya, banyak yang marah dan memprotesnya karena sudah merasa ditipu :D

Salah satu review:

Developer changed the name of his game to try to take advantage of people trying to install installous. He’s a scam artist.

Tidak diragukan lagi semua yang protes itu adalah pembajak. Mereka marah karena merasa telah tertipu oleh sebuah aplikasi yang berharga $2.99. Padahal mereka tidak memikirkan sudah berapa banyak aplikasi yang mereka curi sewaktu Installous masih aktif. Mereka pikir $2.99 itu adalah sebuah kerugian besar, tetapi sebenarnya kerugian yang dialami oleh para developer lebih dari itu.

Memang sudah sering terjadi ada developer yang merilis aplikasi ke App Store dengan nama yang mirip atau sama, bahkan dengan ikon yang mirip dengan aplikasi yang ada di Cydia untuk mencari keuntungan besar, seperti yang terjadi dengan SBSettings dulu. Sasaran utamanya sudah pasti para jailbreaker yang sudah familiar dengan nama-nama tersebut. Namun biasanya aplikasi sejenis itu tidak lama bertahan karena segara ditarik dari App Store. Tapi entah karena apa, Installous ini masih bertahan di App Store. Mungkin Apple dengan sengaja membiarkan aplikasi ini bertahan, agak menjadi bahan pelajaran mungkin?