Alias.sh
Menggunakan alias memang cukup membantu ketika bekerja dengan perintah-perintah berbasis teks atau command line. Saya sudah pernah membuat artikel tentang bagaimana membuat profil alias di Linux/Ubuntu dan mungkin Anda bisa memulai menggunakannya juga dan merasakan bagaimana manfaatnya.

Biasanya, profil alias yang saya buat di komputer saya tersimpan di .bashrc atau di .bash_alises. Tetapi sekarang ada cara baru untuk menyimpan profil alias favorit Anda, yaitu secara online. Maksud saya bukan mengupload file .bashrc atau .bash_alises tersebut ke situs file sharing, tetapi hanya baris kode aliasnya saja.

Alias.sh adalah sebuah website yang dibuat untuk memudahkan kita untuk mengelola profil alias yang kita buat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir profil alias favorit yang sudah Anda buat hilang ketika harddisk Anda diformat, karena semuanya bisa disimpan secara online di Alias.sh. Istilahnya, alias in the cloud.

Fitur Alias.sh

  • Tersedia alias untuk kategori Git, Bash, dan Drupal serta disertai dengan penjelasan tiap-tiap alias.
  • Anda bisa menggunakan fitur “Use Alias” untuk menyimpan profil alias yang dibuat orang lain ke akun Anda.
  • Submit alias buatan Anda sendiri. Baik itu sifatnya public ataupun private.
  • Berikan voting pada alias favorit Anda. Alias yang mendapat voting paling banyak akan berada pada front-page (halaman depan) dan akan dilihat pertama kali oleh pengunjung website.

Selain itu, Anda bisa menyalin alias yang telah Anda buat langsung ke ~/.bash_alises hanya dengan sebaris perintah. Contohnya jika saya ingin menyalis alias yang sudah saya buat dari akun Alias.sh saya sendiri (807):

atau versi cURL:

Dan terakhir, Anda juga bisa membuka situs commandlinefu.com untuk menambah koleksi perintah yang bisa Anda jadikan sebagai alias.