iPhone

Unlocking adalah proses menghilangkan batasan pada ponsel untuk dapat menggunakannya pada jaringan seluler dari operator lain. Ini bisa terjadi jika ponsel yang Anda beli terikat kontrak pada sebuah operator dan ingin menggunakanya pada jaringan operator lain, atau di luar negeri. Misalnya, Anda beli iPhone 5 dari AT&T di Amerika Serikat, agar iPhone 5 Anda bisa digunakan di Indonesia, Anda harus mengunlocknya terlebih dahulu.

Apple sendiri pada awalnya tidak melawan jailbreaking. Tetapi salah satu alasan mengapa sekarang Apple melawannya adalah karena jailbreak membuat proses unlock menjadi sangat mudah.

Apple biasanya bekerja sama dengan operator untuk menjual/mendistribusikan iPhone (misalnya AT&T dari Amerika). Biasanya iPhone yang dibeli dari operator ini terikat kontrak selama 2 tahun dan tidak boleh menggunakan SIM card yang berbeda dengan operator asalnya (locked). Dengan adanya jailbreak, kita dimungkinkan untuk membuka kunci dari iPhone ini (unlock) untuk dapat menggunakan SIM card lain. Ini tentu saja merusak perjanjian kontrak, dan membuat operator asal menjadi rugi karena pelanggannya menjadi berkurang.

Apple’s Greg Joswiak said last week that Apple wouldn’t stop anyone from writing the apps or actively work against them, but the company would also not make an effort not to break the hacks when releasing its own software updates. After all, the hacks are not officially supported.

But when it comes to SIM unlocking the iPhone, the game changes drastically. Although Apple has less to lose by customers unlocking the device than AT&T, the company is bound by its contract to AT&T to do what it can to ensure that customers use the designated carrier. And Apple does have something to lose—the company is widely known to be getting a cut of subscription fees from AT&T for each person that buys and uses an iPhone.

Ars Technica

Atas dasar inilah maka status unlock dipertimbangkan kembali dan diubah menjadi ilegal.

Jailbreaking dan unlocking sebenarnya telah dilegalkan oleh pemerintah Amerika Serikat sejak tahun 2010. Pada waktu itu Electronic Frontier Foundation (EFF) berhasil membuat Librarian of Congress membuat dua pengecualian untuk DMCA (hukum anti-hacking dan perlindungan hak kekayaan intelektual), yang pada intinya menjadikan jailbreaking dan unlocking tetap legal. Namun, pada bulan Oktober 2012, Library of Congress, pihak yang bertanggung jawab menentukan pengecualian untuk DMCA, telah memutuskan bahwa unlocking tidak lagi diperbolehkan. Library of Congress kemudian memberikan kesempatan selama 90 hari kepada para pengguna ponsel untuk dapat mengunlocknya. Ini berarti kesempatan untuk bisa melakukan unlock secara legal hanya sampai tanggal 26 Januari 2013.

Jadi pertanyaannya, apakah sekarang unlocking telah menjadi ilegal? Perlu diketahui, terdapat beberapa metode unlock yang umum untuk iPhone.

Unlock secara resmi dari operator tetap legal dan bisa dilakukan kapanpun.

Unlock tidak resmi seperti Ultrasn0w tetap legal untuk iPhone yang dibeli sebelum tanggal 26 Januari 2013. iPhone yang dibeli setelah tanggal tersebut tidak diperbolehkan untuk diunlock secara tidak resmi.

Unlock berbasis IMEI tidak terpengaruh oleh DMCA, dan masih tetap legal.

Sedangkan unlock berbasis hardware seperti GEVEY masih belum jelas, apakah legal atau tidak.

Berikut ini adalah konfirmasi dari EFF terhadap situasi dan status unlocking:

Unlocking is in a legal grey area under the DMCA. The law was supposed to protect creative works, but it’s often been misused by electronics makers to block competition and kill markets for used goods. The courts have pushed back, ruling that the DMCA doesn’t protect digital locks that keep digital devices from talking to each other when creative work isn’t involved. And no creative work is involved here: Wireless carriers aren’t worried about “piracy” of the software on their phones, they’re worried about people reselling subsidized phones at a profit. So if the matter ever reached a court, it might well decide that the DMCA does not forbid unlocking a phone.

DMCA berfungsi untuk melindungi hak kekayaan intelektual dan kreatifitas, tetapi pada kenyataannya operator seluler tidak peduli dengan pembajakan atau pelanggaran hak cipta dari software (iOS) yang ada di ponsel yang mereka distribusikan (iPhone). Operator seluler hanya peduli mengenai penjualan ulang ponsel bersubsidi (kontrak) yang mereka distribusikan. Jika operator menjual iPhone dengan harga murah, kemudian ada pihak yang memanfaatkan kelegalan unlocking dari DMCA untuk membeli iPhone murah tersebut lalu mengunlocknya dan kemudian menjualnya kembali secara bebas dengan harga yang lebih tinggi, maka ini akan menjadi masalah dan akan meresahkan operator seluler tersebut. Tapi tetap saja, unlocking tidak melanggar hak kekayaan intelektual yang ada di iPhone atau iOS. Jika seandainya nanti DMCA direvisi, unlocking mungkin saja akan kembali legal menjadi.

Lalu apakah efeknya terhadap pengguna?

Apa yang akan terjadi jika Anda melakukan unlock pada iPhone Anda yang statusnya saat ini sudah menjadi ilegal? Apakah akan ada penuntutan besar-besaran terhadap para pengguna iPhone unlock secara tidak resmi? Sepertinya tidak. Pemerintah Amerika Serikat atau mungkin operator seluler tidak akan menuntut secara individu, tetapi lebih ke penyedia jasa unlock atau reseller iPhone bekas locked.

Now, the bad news. While we don’t expect mass lawsuits anytime soon, the threat still looms. More likely, wireless carriers, or even federal prosecutors, will be emboldened to sue not individuals, but rather businesses that unlock and resell phones.

EFF

Jadi kesimpulannya:

  1. Unlock, baik secara resmi maupun tidak resmi (Ultrasn0w/GEVEY) masih legal untuk iPhone yang dibeli sebelum tanggal 26 Januari 2013.
  2. Peraturan ini berlaku untuk:
    • Warga Amerika Serikat.
    • Bukan warga Amerika Serikat tetapi tinggal di Amerika Serikat.
    • Bukan warga Amerika Serikat dan tidak tinggal di Amerika Serikat tetapi ingin melakukan unlock menggunakan jasa seseorang dari Amerika Serikat.
    • Aturan ini berlaku untuk penyedia jasa unlock tersebut, sehingga berdampak juga bagi Anda.

    • Bukan warga Amerika Serikat dan tidak tinggal di Amerika Serikat tetapi memiliki iPhone yang terikat kontrak dengan operator dari Amerika Serikat, misalnya AT&T.
  3. Unlock secara resmi dengan bantuan operator, atau berbasis IMEI dinyatakan legal, untuk warga ataupun bukan warga Amerika Serikat.

Untuk informasi mengenai jailbreaking dan unlocking yang lebih lengkap, Anda bisa membaca halaman 16-20 dari dokumen pernyataan Library of Congress.