Weather

Banyak orang yang melaporkan bahwa aplikasi Weather (Weather.app) di iPhone mereka tidak berfungsi dengan normal setelah melakukan jailbreak iOS 6 menggunakan evasi0n.

@pod2g sendiri telah menyadarinya dan menyatakan bahwa mereka (@evad3rs) akan segera merilis patch ke Cydia untuk segera mengatasi masalah ini.

Sebagai solusi sementara, @pod2g memberikan instruksi untuk memperbaiki masalah ini secara manual melalui beberapa baris bash script di blognya.

We figured out that the jailbreak process messes up with com.apple.mobile.installation.plist. A fix is currently in the works and will be pushed to Cydia soon.

Jika Anda terbiasa menggunakan SSH, baik pada iOS atau dari Linux, atau sudah biasa menggunakan perintah bash, silakan ikuti instruksi berikut ini, tetapi jika Anda sama sekali tidak mengerti, tolong jangan di ikuti. @evad3rs akan merilis patch untuk masalah ini dalam waktu dekat, dan saya yakin menginstallnya melalui Cydia adalah cara terbaik buat Anda.

Bug pada aplikasi Weather ini disebabkan karena file com.apple.mobile.installation.plist yang berada pada /var/mobile/Library/Caches/ termodifikasi selama proses jailbreak berlangsung. Dan salah satu aplikasi yang menjadi korban adalah aplikasi Weather ini.

Solusi sementara ini adalah membuat script yang dapat membangun kembali (rebuild) file com.apple.mobile.installation.plist tersebut sehingga tidak ada aplikasi yang bermasalah.

Langkah-langkah:

  1. Pastikan Anda telah menginstall sebuah program SSH pada komputer Anda. Kalau Anda pengguna Windows, saya sarankan gunakan WinSCP.
  2. Pastikan juga bahwa Anda telah menginstall OpenSSH dari Cydia.
  3. Selanjutnya, hubungkan komputer Anda dengan iPhone Anda melalui koneksi SSH. Komputer dan iPhone Anda harus dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama agar bisa saling terhubung.
  4. Setelah terhubung, ketik cat > fix.sh lalu Enter
  5. Kemudian copy script di bawah ini dan paste ke fix.sh, lalu tekan CtrlZ

  6. Script yang Anda paste telah siap digunakan, selanjutnya adalah proses eksekusi.
  7. Ketik dan jalankan perintah berikut ini secara berurutan:
  8. fix.sh
    sync
    reboot

Catatan:
Setelah menjalankan fix.sh, tunggu sampai proses eksekusi selesai sebelum melanjutkan ke perintah berikutnya (sync).

Setelah iPhone selesai reboot, cek kembali apakan aplikasi Weather-nya sudah kembali normal.

Perhatian!
Cara di atas tidak akan bekerja kalau Anda telah menginstall AppSync.

Update:
Anda bisa menginstall/update paket bernama UIKit Tools dari Cydia sebagai solusi untuk mengatasi masalah Weather.app ini. Cara ini lebih otomatis, dan lebih dianjurkan dibanding cara di atas.

UIKit Tools

Sumber:
[JailbreakMatrix]