Music menu

Apakah Anda suka dengar musik melalui headphone di iDevice? Anda putar musik dulu baru pasang headphone, atau pasang headphone dulu baru putar musiknya?

Ada satu fitur unik dari sebuah tweak Cydia yang menurut saya sangat cocok untuk para pendengar musik, terutama dengan kebiasaannya yang pasang headphone dulu baru putar musik.

Tweak yang saya maksud adalah Activator. Salah satu tweak Cydia populer yang menurut saya underrated. Punya banyak fitur unik tetapi kurang dimaksimalkan, padahal Activator sudah ada sejak lama, dan hampir terinstall pada semua iDevice yang sudah dijailbreak.

Cara kerjanya seperti ini; aplikasi musik favorit Anda akan muncul secara otomatis begitu headphone dihubungkan ke iDevice. Lebih cepat, tanpa harus masuk ke homescreen terlebih dahulu :)

Langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kalau Activator sudah terinstall.

    Biasanya Activator akan terinstall otomatis ketika Anda menginstall aplikasi-aplikasi Cydia yang punya fitur yang berkaitan dengan gesture, misalnya SBSettings, dan sebagainya. Untuk mengecek apakah Activator ini sudah terinstall atau belum, masuk ke Settings dan scroll sampai kebawah. Activator akan muncul di menu Settings kalau sudah terinstall.

  2. Kalau sudah ada, buka Activator (dari Settings atau dari ikon yang ada di homescreen).
  3. Scroll ke bawah hingga muncul menu “Menus”. Lalu masuk ke menu “Menus” tersebut.
  4. Tap pada “Add Menu” dan berikan judul dari menu yang akan Anda buat. Misalnya, Musik atau Audio. Terserah.
  5. Kemudian tap pada menu yang baru Anda buat itu dan tap “Add Action”.

    Add Action maksudnya aplikasi musik apa saya yang akan dimasukkan ke dalam menu musik yang Anda buat tadi. Anda bisa memasukkan aplikasi musik favorit Anda di sini tetapi harus memasukkan aplikasi musiknya satu kali untuk setiap action. Untuk menambahkan aplikasi berikutnya Anda perlu membuat sebuah action lagi. Anda tidak bisa mencentang dua nama aplikasi sekaligus untuk setiap action yang Anda buat.

  6. Setelah itu kembali ke menu utama Activator, lalu tap pada menu “Anywhere”.
  7. Scroll ke bawah hingga muncul menu “Connected”.
  8. Scroll ke bawah perlahan-lahan hingga Anda menemukan nama menu yang Anda buat pada langkah sebelumnya (Musik atau Audio). Kalau sudah ketemu pilih (tap) menu tersebut.

Enjoy!

Anda bisa langsung mencobanya tanpa harus reboot atau respring. Colokkan EarPods Anda ke iPhone Anda dan menu musik favorit Anda akan muncul.

Hasilnya:

Music menu

Catatan:
Fitur ini tidak akan bekerja jika lockscreen iDevice Anda dipasangi passcode. Matikan dulu passcodenya untuk mencoba fitur ini. Kalau passcodenya aktif, maka menu musiknya hanya akan muncul kalau posisinya di homescreen saja.