Saya selalu berpikir kalau foto-foto produk yang ditampilkan halaman web Apple adalah hasil rendering, atau model 3D yang dibuat dari software semacam CAD, atau dari Photoshop. Misalnya saja halaman iPhone, ada beberapa gambar-gambar iPhone 5 yang tampaknya itu adalah hasil rendering.

Ternyata saya salah, produk-produk Apple yang ditampilkan tersebut adalah foto asli dari sebuah produk. Lebih tepatnya, foto asli dengan banyak pekerjaan pasca produksi. Tapi, sama sekali bukan hasil rendering, seperti yang saya perkirakan sebelumnya.

Salah satu contoh, adalah foto bodi belakang dari iPhone 5 ini, yang dupanya adalah hasil karya dari Doug Rosa. Selain foto iPhone 5, hasil karya Doug Rosa lainnya adalah foto iPhone 4, iPod nano, MacBook Air, MacBook Pro, iMac, dan berbagai produk Apple lainnya.

Saya pikir, bagi Apple, lebih mudah membuat model 3D-nya dari komputer karena lebih praktis untuk bisa menggunakan file dari produk yang sudah ada (hasil 3D untuk iPhone 4/4S digunakan lagi untuk iPhone 5 dengan sedikit modifikasi) daripada harus menyingkirkan debu-debu yang melengket dipermukaan kaca dan mengambil foto berkali-kali untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna. Dan saya yakin, desainer Apple bisa membuat model 3D yang realistis dan lebih bersih. Apalagi setelah modelnya jadi, menciptakan gambar produk dengan sudut, pencahayaan dan warna yang berbeda jadi lebih mudah. Tapi, rupanya Apple lebih memilih mengontrak fotografer untuk mengambil foto secara langsung dari produk-produk mereka daripada membuat model 3D-nya.

Menurut sumber yang familiar dengan situasi ini, Apple biasanya mencari dan mengontrak 3 sampai 4 orang fotografer yang tinggal di wilayah Bay Area (San Fransisco). Fotografer ini kemudian mengambil foto di tempat yang sudah disiapkan Apple, jadi bukan di studio si fotografer. Tidak menggunakan kamera pribadi, tidak boleh membawa ponsel, dan tentunya dengan penjagaan ketat dari pihak Apple.

Selain Doug Rosa dan Peter Belanger yang merupakan fotografer khusus produk Apple, ada juga beberapa fotografer lain yang hasil karyanya ditampilkan dalam produk Apple, misalnya:

  • Jimmy Chin: Foto Tower of Ennedi yang ditampilkan pada MacBook Pro Retina 15″.
  • Alex Tehrani: Foto-foto perjalanan yang ditampilkan pada iPod nano 5th, iPad, iMovie, dan berbagai produk lainnya.
  • Casey Templeton: Foto-foto pernikahan yang ditampilkan pada Aperture 3.
  • Martin Gisborne: Foto-foto perjalanan dan pemamdangan alam di Kanada yang ditampilkan di iPod touch 2G.
  • Michael O’Neal: Beberapa foto perjalanan yang sudah tampilkan di banyak produk. Ia sebenarnya pernah bekerja di Apple sebagai Associate Creative Director.
  • Richard Misrach: Wallpaper untuk iPad generasi pertama yang berjudul “Pyramid Lake (at Night)“.
  • Sabine Liewald: Foto mata berwarna-warni yang ditampilkan pada MacBook Pro Retina 15″. Ia kemudian menuntut Apple atas penggunaan foto tersebut.
  • Steve Bloom: Foto sekelompok zebra yang ditampilkan pada MacBook Pro Retina 15″.

Sumber:
[Doug Rosa]
[Peter Belanger]