iOS 6.1.3 Jailbreak

Stefan Esser atau yang lebih dikenal sebagai i0n1c melakukan presentasi pada SyScan 2013 yang diadakan kemarin dan mempublikasikan sejumlah besar vulnerabilities (kerentanan keamanan) yang belum pernah tercatat sebelumnya (untuk iOS dan Mountain Lion).

Yang menarik adalah, @i0n1c juga melakukan demo jailbreak pada iPad mini yang berjalan pada iOS 6.1.3.



Dari salah satu paper yang ia publikasikan yang berjudul “Mountain Lion/iOS Vulnerabilities Garage Sale” i0n1c mengungkapkan bahwa celah keamanan yang ia dokumentasikan tersebut bisa saja dimanfaatkan untuk mendapatkan jailbreak untethered.

This means this vulnerability could be used for untethering iOS on iPads or for a fullblown iPad-only jailbreak if you combine it with an exploit against the Photosapplication, which would most probably require a vulnerability in an image library.

Jadi, muncul pertanyaan, apakah i0n1c akan merilis jailbreak untethered untuk iOS 6.1.3 ke publik?

Bisa saja, kalau dia mau, i0n1c adalah tipe orang yang tidak peduli apa kata orang meskipun ia mendapatkan banyak protes oleh followernya. Tapi ini bisa berarti ia akan menyianyiakan vulnerability yang sudah disiapkan oleh Dev Team atau @p0sixninja untuk iOS 7 yang akan datang.

Tapi, i0n1c juga bukan tipe orang yang akan merilis jailbreak iOS 6.1.3 hanya karena ingin membuktikan bahwa dirinya hebat. Jadi saya rasa para hacker iOS termasuk i0n1c memiliki semacam kesepakatan tidak tertulis, bahwa tidak akan ada untethered jailbreak untuk iOS 6.1.3. Atau, mungkin akan ada, tetapi “tunggu sampai iOS 7 dirilis”.