Untuk versi desktop biasa, Ubuntu akan menerima dukungan pembaruan perangkat lunak selama 9 bulan lamanya dari Canonical. Sedangkan untuk versi desktop LTS, dukungan yang diberikan adalah selama 3 tahun. Namun sejak Ubuntu 12.04 LTS dirilis, versi desktop biasa akan menerima dukungan selama 9 bulan dan versi LTS akan menerima dukungan selama 5 tahun, baik untuk desktop maupun versi server.

Selama masa aktifnya, Ubuntu yang Anda gunakan akan menerima banyak pembaruan, tetapi begitu masa dukungannya habis, Ubuntu yang Anda gunakan tidak akan menerima dukungan apa-apa lagi dari Canonical. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui paket-paket (packages) apa saja yang sudah terinstall di Ubuntu Anda serta statusnya, apakah masa dukungannya sudah habis atau masih aktif. Atau kalau mau gampang, Anda tinggal update ke versi terbaru saja untuk menghindari yang namanya unsupported packages (namun saya tidak menyarankan untuk pengguna server, atau pengguna desktop yang lebih mengutamakan stabilitas daripada “newness”).

Distro

Mula-mula, cek terlebih dahulu masa aktif dari Ubuntu yang Anda gunakan sekarang.

  1. Jalankan perintah lsb_release -a dari Terminal untuk mengetahui versi Ubuntu yang Anda jalankan.
  2. Kemudian jalankan perintah gedit sstatus.py dari Terminal, kemudian paste kode-kode di bawah ini pada jendela gedit yang terbuka, kemudian Save.

Setelah itu jalankan python sstatus.py dari Terminal, maka akan menampilkan hasil seperti ini:

Ubuntu Support Status

Keterangan:
False: Sudah tidak didukung.
True: Masih didukung.

Obsolete: Versinya sudah ketinggalan.
Supported: Masih menerima pembaruan perangkat lunak.
Current Stable Release: Versi stabil saat ini, atau baru dirilis.
Active Development: Versi yang sedang aktif dikembangkan, dan akan segera dirilis.
Future: Versi yang belum dikembangkan sama sekali (masa depan), atau masih dalam tahap perencanaan.

Karena script di atas dibuat dari python, Anda bisa mengubah outputnya di Terminal sesuai keinginan Anda dengan referensi Launchpad web services API dan API documentation.

Packages

Setelah mengetahui masa aktif dari versi Ubuntu yang Anda gunakan, selanjutnya cek status dari paket-paket yang terinstall di Ubuntu Anda dengan cara menjalankan perintah ubuntu-support-status.

Ubuntu Support Status

Untuk mengetahui paket mana saja yang sudah tidak menerima pembaruan, jalankan perintah ubuntu-support-status --show-unsupported.

Ubuntu Support Status

Bagaimana, apakah Anda sudah mengecek paket-paket apa saja yang expired? Mungkin sudah waktunya untuk Anda untuk melakukan update :)

Catatan:
Unsupported bisa juga menandakan bahwa paket yang terinstall bukan berasal dari repo official/resmi atau bawaan Ubuntu atau Canonical.

Referensi:
[Ubuntu Wiki]