Conky adalah program monitoring sistem yang dapat menampilkan informasi yang beragam langsung dari desktop Anda, dengan tampilan dan model yang sangat beragam.

Gonky Google Now

Tema Conky yang menampilkan informasi cuaca itu sudah biasa, tapi tema buatan Satya ini beda dari yang lain. Memasangnya di desktop terasa seperti menjalankan fitur Weather dari Google Now.

Conky Google Now ini simple sih, hanya menampilkan informasi cuaca untuk hari ini dan dua hari ke depan, disertai dengan ikon minimalis. Selain itu, informasi tambahan seperti kecepatan internet dan total data yang dikirim dan diterima juga ditampilkan. Jadi sebenarnya informasinya tidak terbatas untuk cuaca saja, Anda bisa saja menambahkannya lagi sesuai dengan kebutuhan Anda, asalkan Anda sudah mengerti cara membaca dan memodifikasi script Conky.

Saya sudah lama tidak memasang Conky di desktop saya, apalagi untuk tema yang cuma informasi cuaca seperti ini yang sama sekali tidak berguna tanpa koneksi internet. Tapi karena saya suka dengan tampilan cards yang “flat” seperti ini, ditambah lagi dengan wallpaper yang cocok, tampaknya Conky Google Now ini akan jadi salah satu tema Conky favorit saya untuk beberapa minggu ini :)

Install Conky

Syarat utama untuk bisa memasang tema ini tentu saja program Conkynya harus terinstall terlebih dahulu. Untuk menginstallnya bisa dengan menjalankan perintah berikut:

Konfigurasi Conky Google Now

Setelah terinstall, Anda bisa mendownload file Conky Google Now langsung dari halaman pembuatnya di Deviant Art. Download filenya dan ekstrak. Kemudian buka folder hasil ekstrak tadi dan copy file .conkyrc dan folder .weathericons ke direktri Home Anda (kalau .conkyrc dan .weathericons tidak muncul, tekan CtrlH terlebih dahulu karena filenya tersembunyi).

Conky

Karena tema Conky Google Now ini tersedia dalam dua versi yaitu light dan dark, Anda hanya perlu mengcopy salah satu script saja, misalnya .conkyrc atau .conkyrc-dark saja. Kalau Anda memilih yang versi dark, copy file .conkyrc-dark ke direktori Home Anda dan ubah namanya menjadi .conkyrc saja.

Setelah scriptnya ditempatkan pada direktori Home Anda, langkah berikutnya adalah mendownload font yang dibutuhkan agar tampilannya pas. Font yang dimaksud adalah Open Sans. Anda bisa mendownload file TTF Open Sans dari halaman Font Squirrel. Setelah filenya didownload, copy file fontnya (berformat .ttf) ke direktori ~/.fonts di direktori Home (kalau belum ada, buat dulu). Setelah itu jalankan perintah berikut dari Terminal:

Untuk pengaturan cuacanya, Anda harus memodifikasi script .conkyrc untuk memasukkan kode wilayah Anda.

Buka halaman Yahoo! Weather, cari kota Anda (pada kolom “Enter city or zip code”) dan buka halamannya. Angka-angka yang berada pada bagian belakang URL kota Anda adalah kode yang harus Anda catat. Contoh, Ujungpandang (Makassar):
Yahoo! Weather

Selanjutnya buka file .conkyrc yang tadi sudah dicopy ke direktori Home Anda, kemudian cari baris yang berisi kode “2294941”, seperti pada gambar berikut:

Conky

Ganti “2294941” dengan kode wilayah Anda. Contohnya:

  • Jakarta: 56004619
  • Bandung: 2345717
  • Surabaya: 1044316
  • Medan: 1047908

Begitu semua pas, Save filenya dan jalankan Conky dari Terminal atau dari AltF2 dengan perintah conky.

Jalankan Conky secara otomatis

Maksudnya otomatis adalah Conky akan langsung muncul di desktop Anda tanpa harus dijalankan ulang. Karena secara default Conky tidak akan berjalan secara otomatis pada saat Anda login.

Buat sebuah file baru di direktori Home, beri nama “conky_startup”, kemudian masukkan kode berikut:

Lalu Save. Dan jalankan perintah berikut dari Terminal:

Selanjutnya buka Startup Applications, klik tombol Add, pada kolom “Name” masukkan nama “Conky”, pada kolom “Command” klik tombol Browse dan cari file “conky_startup” yang telah Anda buat, lalu Save.

Startup Applications

Kini Anda bisa menikmati informasi cuaca dengan tampilan cards ala Goole Now di desktop Ubuntu Anda! Jangan lupa untuk memasang wallpaper bertema Google Now biar lebih mantap.

Sumber:
[Web Upd8]