Sebagai pemula, Anda pastinya sudah paham dengan kegunaan perintah cd, yaitu salah satu perintah dasar di Terminal yang yang pertama kali diperkenalkan kepada Anda, sebagai pengguna Linux (dan OS X?). Kegunaan dari perintah cd ini adalah berpindah dari satu direktori ke direktori lainnya. Masuk atau keluar dari sebuah direktori sama-sama membutuhkan perintah cd.

Meskipun cd adalah perintah yang sangat singkat, dan tidak akan merugikan kalau diketik setiap kali, tapi ada satu cara yang bisa Anda lakukan untuk tidak menggunakan cd ini. Yaitu dengan menggunakan autocd.

Biasanya, Anda akan mengetik cd Downloads lalu Enter untuk masuk ke dalam direktori Downloads, dan cd .. untuk mundur satu langkah.

Kalau Anda lupa mengetik cd di depan nama direktori, misalnya hanya Downloads saja, maka pesan “Downloads: command not found” akan muncul. Ini terjadi karena Terminal (khususnya Bash) akan menganggap Anda sedang mengetikkan perintah baru, namun karena perintah “Downloads” nyatanya tidak ditemukan, maka akan muncul pesan seperti tadi, yang kira-kira artinya adalah Downloads: perintah tidak ditemukan.

Bash Terminal

Untuk mempermudah, kita menggunakan autocd agar kita hanya perlu mengetikkan nama direktori saja untuk berpindah ke direktori tersebut.

Singkatnya seperti ini, untuk masuk ke direktori Downloads, anda hanya perlu mengetik Down lalu Tab untuk autocomplete sehingga muncul Downloads/, terus tekan Enter untuk masuk. Untuk mundur atau keluar direktori, Anda hanya perlu mengetik .. lalu Enter. Mudah bukan!

Bagaimana caranya? Gampang!

Ketik perintah shopt -s autocd di Terminal (khusus Bash) dan Terminal akan mengikuti keinginan Anda.

Sayangnya, perintah shopt -s autocd tidak permanen kalau hanya diketikkan di Terminal saja. Efeknya akan hilang (Anda harus mengetik cd kembali) kalau Terminalnya ditutup. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus memasukkan perintah tersebut ke dalam .bashrc.

Caranya seperti ini:

  1. Buka Terminal, jalankan perintah gedit .bashrc.
  2. Copy shopt -s autocd dan paste pada baris paling akhir pada .bashrc.
  3. Save, dan Close.

Dengan cara seperti ini shopt -s autocd akan tereksekusi setiap kali Terminal dijalankan.

Contoh akhir:

Bash Terminal

Karena trik ini berlaku untuk Terminal yang berbasis Bash, jadi seharusnya bisa digunakan pula untuk pengguna OS X (dengan syarat Bash versi 4 keatas). Referensinya ada di: