GNOME Terminal

Menurut sebuah laporan bug di GNOME Bugzilla, fitur transparansi pada Gnome Terminal telah dihilangkan dari dialog Preferences pada GNOME 3.7.

Saya belum bisa memastikan ini karena versi GNOME di Ubuntu saya belum diupgrade, tapi menurut change log dari paket “gnome-terminal” di Launchpad, tampaknya fitur ini memang sudah dihilangkan.

Dropped, gnome-terminal 3.7 has dropped support for translucent backgrounds which means this patch won’t be easily forward-compatible. This patch also had been disabled for quite a while w/o much complaint.

Selain itu, halaman FAQ dari website resmi GNOME juga menyebutkan demikian.

Alasannya? Tidak ada. Tidak ada penjelasan sama sekali. Developernya hanya menjawab “no“.

Menurut saya sangat disayangkan kalau fitur ini dihilangkan dari Terminal. Kenapa?

  • Kita bisa membaca dokumen, manual, halaman web atau menonton video tutorial yang dibuka dibelakang Terminal yang transparan. Dengan begitu, kita masih bisa mengetik dan mengikuti tutorial yang ada karena teks di belakang Terminal masih nampak.
  • Selain dokumen, beberapa orang juga membuat perintah-perintah dasar Linux sebagai wallpapernya untuk membantunya menghapal. Dan tentu saja wallpaper ini jadi kurang berguna kalau Terminalnya tidak transparan.

Bagaimana menurut Anda, setujukah kalau fitur transparansi ini dihilangkan? Yang jelas, tampaknya saya tidak akan melakukan upgrade dalam waktu dekat ini.