Apple baru saja memperkenalkan anggota baru dari keluarga iPod touch yang tampaknya menggantikan iPod touch 4G (generasi ke-4).

Apa perbedaan iPod touch model terbaru (16 GB) ini dengan iPod touch 4G?

Secara spesifikasi, iPod touch model terbaru ini hanya tersedia dalam versi 16 GB saja, memilik layar 4 inci (Retina display), diperkuat dengan chip A5 dual-core, tetapi tidak memiliki kamera belakang. Dan tentunya sudah dilengkapi dengan Lightning connector. Walaupun tidak dilengkapi dengan kamera iSight, tapi kamera depan tetap dipertahankan untuk FaceTime HD, dan ini membuatnya hampir setara dengan iPod touch 5G, apalagi dengan harga $229.

Jadi, bisa dibilang kalau iPod touch model baru ini adalah iPod touch 5G versi 16 GB tanpa kamera belakang, atau iPod touch 4.5G. Terserah Anda mau sebut yang mana, tapi kayaknya “iPod touch 5G 16 GB” lebih tepat karena iPod touch 5G yang ada saat ini hanya tersedia versi 32 GB dan 64 GB.

Tapi, mengapa harus model baru dan 16 GB?

16 GB dan tanpa kamera belakang karena itu akan membuat harganya kurang lebih setara dengan iPod touch 4G dan lebih rendah dibandingkan iPod touch 5G.

Dan model baru, bisa jadi karena iPod touch 4G tidak akan mendapat dukungan iOS 7. Jika ini benar karena masalah software, itu artinya:

  • iOS 6.1.3 akan menjadi iOS versi terakhir untuk iPhone 3GS
  • iPhone 4 masih tanda tanya, apakah masih dapat iOS 7 atau tidak.

    iPod touch 4G: A4 dengan RAM 256 MB,
    iPhone 4: A4 dengan RAM 512 MB

Menurut Anda?