Apple WWDC 2013

Lagi-lagi konsep iOS 7. Lagi-lagi “semi-Modern UI”.

Beberapa bulan terakhir ini saya mengamati kalau para desainer sedang bersemangat merilis konsep/mockup dari iOS 7, versi yang menurut kita semua akan membawa perubahan besar terhadap iOS.

Tapi, rupanya “perubahan besar” itu oleh sebagian orang diterjemahkan sebagai “semi-Modern UI” (istilah dibuat-buat). Dan salah satu pendukung konsep-konsep seperti ini adalah munculnya dari rumor “orang yang familiar dengan situasi ini” bahwa iOS 7 akan memiliki desain “flat”.

Gambar di bawah adalah tipikal konsep iOS 7 yang beredar di internet beberapa waktu terakhir.
iOS 7 mockup

Ikon seperti ini terlalu flat. Saya pikir Apple tidak akan melakukan perubahan sedrastis ini terhadap iOS. Setidaknya belum, dalam waktu dekat ini.

Dari segi warna dan model ikon, tampaknya sang desainer mencoba mengkonversi langsung iOS ke Metro/Modern UI. iOS memang butuh perubahan, tapi konsep-konsep seperti ini menurut saya menjadikan iOS justru mundur. Kenapa harus condong ke desain Modern UI? Kenapa banyak orang yang menganggap “flat” itu sama dengan Metro/Modern UI?

Modern UI pada Windows Phone memang super keren, cakep, dan sebagainya. Tapi bagi saya, yang sudah terbiasa dengan homescreen iOS, saya akan cepat bosan dengan tampilan yang seperti itu, “flat” betul-betul akan terasa datar, tidak ada istimewanya. Skema tombol dan warna rata-rata sama.

Saya setuju dengan ide dari Tim Green pada artikelnya yang berjudul The future of iOS design?, ia menjelaskan bagaimana aplikasi-aplikasi populer iOS dapat menjadi semacam indikator visual dari desain iOS di masa depan.

The talk about how Apple are going to ‘flatten out’ their UI style has set the rumour-mills ablaze with completely spurious conjecture. So I thought I’d add to it. However, let’s approach this not from ‘what one insider source told someone’ but instead from evidence of progression within some of the top iOS apps.

Intinya, iOS mungkin tidak akan flat seperti halnya Modern UI, tapi “almost flat”. Ikon iOS akan jadi less-glossy, less-shadow, less–texture dan less-gradient. Tetap memiliki sudut membulat, dan bukan kotak-kotak. Ada sekitar 800 ribu aplikasi yang butuh diupdate kalau skema ikon dengan sudut membulat berubah menjadi kotak-kotak.

Berikut ini adalah contoh beberapa aplikasi bawaan iOS yang menjadi lebih simple dengan efek glossy yang dihilangkan.

App Store
iTunes
Mail
Music
Weather

Ikon-ikon di atas memang tidak se-flat punya Modern UI, tetapi tidak norak juga. Dan saya yakin dengan efek glossy, shadow dan gradasi warna yang dikurangi atau dihilangkan tapi tetap membiarkan para developer mempertahankan detail pada ikon mereka, akan membuat keunikan iOS tetap terjaga. Tidak “mirip Holo” dan tidak pula “mirip Metro/Modern UI”, tetapi “iOS”!

Sumber:
[Dribbble]