So when you say you want Apple to stop creating skeuomorphic interfaces – you really don’t mean that. What you want is for Apple to stop having bad taste, and you want Apple to make their interfaces communicate more effectively.

Joel Hladecek

Hardware yang futuristik hasil karya Jony Ive membuat iPhone begitu diidamkan, tetapi dengan iOS dari Scott Forstall yang bersahabat, iPhone membuat jutaan orang yang bahkan belum pernah membeli smartphone menjadi tertarik untuk membelinya. Bisa dibilang, tanpa skeuomorphism iOS mungkin tidak akan membuat iPhone menjadi seperti sekarang ini karena sebagian besar orang membeli iPhone dan iPad hanya karena iOS.

Kemudian, setelah lima tahun sejak diperkenalkan, apakah Scott Forstall (dan Steve Jobs) membawa skeuomorphism terlalu jauh ke dalam iOS? Tekstur kulit terjahit pada aplikasi Find My Friends atau robekan kertas pada Notes mungkin kelihatan norak kalau kita bandingkan dengan desain “Metro UI” dari Windows, tapi apakah hal itu mencegah orang-orang untuk membeli iPhone 5? Tidak. Windows Phone mungkin terlihat futuristik, tetapi iOS tampak seperti rumah.

Jadi, yang sebenarnya kita inginkan ketika Jony Ive menjadi kepala Human Interface bukanlah flat design atau zero-skeuomorphism, tetapi “good taste”.