Pengguna iDevice yang suka memodifikasi tampilan homescreen pasti sudah kenal dengan WinterBoard. Ya, aplikasi yang (dulunya) hanya tersedia di Cydia untuk perangkat yang telah dijailbreak ini berfungsi sebagai “theme engine” yang dapat mengubah tema serta elemen-elemen GUI pada SpringBoard (homescreen) seperti wallpaper, ikon, statusbar, dock, dan lainnya.

Hari ini @saurik, pembuat Cydia dan WinterBoard secara resmi merilis Winterboard untuk Android di Google Play. Fungsinya tetap sama, Anda bisa mengubah tampilan Android Anda, tapi Anda bisa dengan bebas mengubah-ubah tema tanpa harus menginstall custom ROM atau custom launcher. Ini karena WinterBoard hanya menyisipkan file-file pengganti secara dinamis tanpa mengganti atau menimpa file komponen asli pada sistem. Jadi, setiap komponen tema yang terpasang tidak benar-benar mengganti komponen system, meskipun kelihatannya begitu. Hal ini dimungkinkan dengan bantuan Substrate, framework untuk memodifikasi kode yang dikembangkan oleh Saurik. Dan untuk menginstall WinterBoard (dan mengaktifkan Substrate) ini, perangkat Android Anda harus di-root terlebih dahulu.

(WinterBoard requests the ACCESS_SUPERUSER permission, but only uses it to restart the system to apply your new themes. It does not physically modify any of the stock software stored on your device: all modifications are made dynamically via Substrate, so uninstalling WinterBoard is guaranteed to remove all traces of its installation.)

Mirip dengan MobileSubstrate pada iOS, ketika terjadi masalah dengan proses booting, WinterBoard crash, dan lain sebagainya, Substrate bisa dinonaktifkan sementara dengan menekan tombol volume atas pada saat proses booting. Fitur safe mode ini adalah fitur keamanan yang tersedia dari Substrate agar pengguna bisa dengan mudah menemukan komponen yang menjadi sumber masalah.

Dan yang paling penting, meskipun WinterBoard secara khusus mengangani masalah tema, tapi dengan adanya Substrate maka tidak menutup kemungkinan aplikasi atau tweaks yang serupa di Cydia dapat berjalan di Android.


Melihat potensi yang ada, mungkin saja para pembuat aplikasi atau tweaks di Cydia mulai melirik atau bahkan “beralih” sementara ke Android untuk menjual app/tweaks mereka di Google Play Store, sambil menunggu jailbreak untuk iOS versi terbaru dirilis.

Cydia on Android? /r/WTF?