iOS 7

iOS 7

Apple secara resmi memperkenalkan iOS 7 pada acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2013 yang diselenggarakan hari ini. iOS 7 yang disebut sebagai “the biggest change to iOS since the introduction of iPhone” oleh Tim Cook ini memang membawa perubahan yang cukup besar jika dibandingkan dengan versi iOS sebelumnya, khususnya pada sisi user interface.

Seperti yang diharapkan, iOS 7 memang keren. iOS 7 memiliki desain flat a la Apple, penggunaan font yang lebih ramping, lebih banyak efek semi-transparan dan blur, lockscreen serta menu kontrol baru yang bisa diakses hanya dengan menyapukan jari dari bawah ke atas.

Oke, mari kita bahas lebih lanjut apa saja yang baru di iOS 7 ini.

Lockscreen

iOS 7 lockscreen

Tampilan lockscreen pada iOS 7 sangat minimalis. Anda akan merindukan ikon panah pada slider “Slide to unlock” yang dulu ada karena pada lockscreen yang baru ini slidernya menjadi transparan, tanpa ikon panah lagi yang digeser dari kiri ke kanan lagi, dan tombol shortcut kamera posisinya kini di bawah.

Home screen

iOS home screen

Fokus terbesar dari perubahan interface iOS adalah kesederhanaannya yang tampak pada aplikasi dan ikon-ikon. Seperti yang bisa Anda lihat, semua ikon aplikasi pada home screen iOS 7 didesain ulang. Tanpa efek gloss, tanpa tekstur, dan sedikit gradasi warna. Almost flat. Oh.. saya jadi rindu dengan ikon Settings yang lama.

iOS 7 Home screen

iOS 7 juga dirancang menjadi lebih sensitif terhadap lingkungan. Misalnya, iOS 7 menggunakan accelerometer untuk mengadaptasi homescreen sesuai dengan sudut pandang pengguna dengan menampilkan efek parallax, sehingga layar yang awalnya datar bisa tampak memiliki kedalaman. Dan dengan menggunakan sensor cahaya, ikon-ikon dan latar belakang secara otomatis mengubah kecarahan layar agar teks menjadi lebih mudah dibaca, khususnya pada latar yang dominan warna putih.

Ikon jam (Clock) kini menampilkan waktu real-time, alias live icons.

Anda mungkin perlu mengatakan “Hi” pada Helvetica Neue Ultra Light, karena itulah jenis font yang merupakan varian baru dari Helvetica Neue yang akan menjadi font standar untuk iOS kedepannya. Font ini yang membuat teks pada iOS 7 menjadi lebih ramping dari sebelumnya.

Folder kini bisa menampung lebih banyak aplikasi, tidak lagi terbatas hanya pada 12-16 aplikasi saja.

Notification Center bisa diatur untuk menampilkan notifikasi berdasarkan waktu, atau jumlah yang ingin Anda tampilkan.
iOS Notification Center

Control Center

iOS Control Center

Control Center adalah fitur yang memberikan Anda akses cepat ke menu kontrol yang paling sering digunakan. Anda bisa dengan mudah mengontrol musik, mengakses Airplane mode, mengaktifkan Bluetooth, mengatur kecerahan layar, menyalakan lampu flash dan lainnya. Tidak perlu dikatakan lagi, Control Center adalah fitur yang sudah diharapkan muncul dari dulu. Control Center bisa diakses dengan menyapukan jari dari bawah ke atas.

Safari

Safari

Browsing di Safari menjadi lebih nyaman, karena Safari di iOS 7 memungkinkan Anda untuk browsing dengan layar penuh. Address bar kini disatukan dengan search bar, serta Anda bisa mengakses halaman sebelumnya (back) dan forward hanya dengan gesture saja. Tab yang terbuka kini ditampilkan dengan efek kartu yang bisa discroll dari tab ke tab.

AirDrop

AirDrop

AirDrop adalah fitur baru di iOS 7 yang memungkinkan Anda dengan mudah membagikan konten ke sesama pengguna iDevice yang berada di dekat Anda, hanya dengan koneksi Bluetooth atau Wi-Fi.

Siri

Siri

Linen yang dulunya menjadi tekstur latar belakang Siri kini menghilang, digantikan dengan efek semi-transparan dan blur. Siri kini bisa mengubah settingan seperti Bluetooth, mengatur kecerahan layar, dan sebagainya. Dan yang paling utama, Siri bisa berbicara dengan suara lak-laki.

iTunes Radio

iTunes Radio

Fitur dengan teks yang dominan dengan warna pink di atas adalah iTunes Radio. iTunes Radio adalah layanan radio online dari Apple yang terintegrasi dengan aplikasi pemutar musik bawaan iOS.

Multitasking

Multitasking

Kemampuan multitasking pada iOS 7 telah ditingkatkan dengan dukungan untuk semua jenis aplikasi, tidak lagi terbatas hanya untuk beberapa jenis aplikasi (background audio, VoIP, dll).

Aplikasi-aplikasi yang berjalan di background dan yang baru saja digunakan kini ditampilkan secara layar penuh, say good bye pada multitasking bar.

Apple juga menyertakan fitur intelligent scheduling dan opportunistic updates untuk meningkatkan performa multitasking pada iOS. Opportunistic updates adalah fitur cerdas pada iOS 7 yang akan mengupdate data-data untuk aplikasi atau beberapa aplikasi dari background jika kondisi jaringan memungkinkan. Sedangkan intelligent scheduling akan mendeteksi aplikasi-aplikasi yang paling sering digunakan, dan akan dijadikan sebagai prioritas utama untuk opportunistic updates. Dengan kedua fitur ini, Anda tidak perlu merefresh aplikasi setiap kali Anda membukanya karena data-datanya diupdate secara otomatis di background.

Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, Apple akan menambahkan lebih banyak fitur lagi ke iOS 7, seiring dengan pengembangannya yang akan mencapai versi final pada musim gugur nanti (sekitar akhir bulan September).