Benarkah desain multitasking dari iOS 7 adalah hasil curian dari… WebOS?

Safari: Multi-Tabbed Browsing

Safari: Multi-Tabbed Browsing by pouwerkerk

Mungkin sudah agak telat untuk membahas masalah ini kembali, tapi ada saja orang-orang (you-know-who) yang sulit dibuat mengerti, bahwa desain kartu dari multitasking pada webOS sendiri tidak seorisinil yang mereka kira selama ini. Bagi mereka-mereka ini, pokoknya, Apple mencuri desain kartu dari WebOS, titik.

Dan saya pikir ini tidak bisa dibiarkan.

Oke, kalau bukan dari WebOS, desain kartunya inspirasi dari mana?

WebOS

WebOS

Kalau kita bandingkan desain multitasking pada iOS 6 dan WebOS, sudah pasti tidak mirip. Aplikasi-aplikasi yang berjalan pada WebOS ditampilkan dengan desain kartu, sedangkan pada iOS aplikasi-aplikasinya hanya menempel di dock. Tapi begitu yang diperbandingkan adalah iOS 7 dengan WebOS, orang-orang akan berpikir kalau (multitasking) iOS 7 adalah tiruan langsung dari WebOS.

The Verge (Tracing iOS 7’s influences: Apple remixes almost everyone in the industry):

The simple icon-based multitasking is gone, replaced by a horizontally scrolling set of page previews. Immediate parallels can be drawn with Windows Phone’s multitasking menu, but the interface is also virtually identical to that introduced with the HTC One X and Sense 4. For anyone that’s used a Palm Pre, though, the ancestry of modern multitasking is clear.

Memang benar, kalau implementasi dari desain kartu pada multitasking lebih dulu ditemukan pada WebOS. Baik itu preview maupun cara menutup aplikasi dengan swipe. Tapi, desain kartu pada (multitasking) iOS 7 sekarang ini sama sekali bukan berasal dari WebOS, melainkan Safari.

Ya, pengguna iDevice, khususnya iPhone atau iPod touch original akan tahu bahwa desain kartu sudah ada pada Safari (tab preview) bahkan sejak tahun 2007, dua tahun sebelum Palm WebOS atau WebOS diluncurkan. Dan, ummm… yang memperkenalkan Palm Pre dengan WebOS-nya pada CES 2009 pada waktu itu adalah Jon Rubenstein, seorang… ahem, mantan eksekutif Apple. Kebetulan?

Intinya, Palm mengembangkan desain kartu pada WebOS lebih dari apa yang dilakukan Apple pada Safari, dan Apple, telah menerapkan desain kartu sekali lagi, dan kali ini di luar Safari.